MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

KPU dan PWI Pati Siapkan Hadiah Bagi yang Selfie Usai Nyoblos

0 189

 

MURIANEWS.com, Pati – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pati menggunakan beragam cara untuk mendorong tingkat partisipasi pemilih dalam Pemilu serentak 2019. Selain mengintensifkan sosialisasi, penyelenggara hajatan demokrasi itu juga bakal membagikan hadiah jutaan rupiah bagi pemilih yang menggunakan hak pilihnya.

Caranya, cukup berfoto selfie di depan TPS dengan menunjukkan jari yang sudah dicelupkan ke tinta dan diupload ke akun medsos Instagram dengan  tag ke akun KPU dan PWI Pati.

“Kami menggelar lomba swafoto (selfie) Pemilu saat hari pemungutan suara 17 April. Pemilih yang dinilai paling baik dan memenuhi ketentuan akan kami apresiasi dengan hadiah bernilai jutaan rupiah,” ujar komisioner KPU Pati Haryono, Selasa (16/4/2019).

Menurutnya, lomba selfie di TPS merupakan bagian upaya masif mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam Pemilu serentak 2019. Sekaligus sebagai apresiasi kepada masyarakat yang turut menyukseskan Pemilu dengan berpartisipasi aktif di dalamnya.

Lomba bertema “Ayo Nyoblos, Golput Bukan Pilihan”, lanjut Haryono, tidak hanya digelar di Pati. Ajang tersebut berlangsung serentak di seluruh Indonesia.
Even itu sekaligus mengajak masyarakat untuk bergembira dalam pelaksanaan Pemilu dengan tetap cerdas dalam menentukan pilihan tanpa terjebak politik uang dan hoaks.

“Pemilu harus didukung semua pihak agar terlaksana sesuai harapan bersama karena agenda penting bangsa. Karena itu
perlu partisipasi aktif masyarakat dan berbagai pihak dengan penuh kegembiraan untuk ikut menyukseskan,” tandasnya.

Lomba yang digelar bekerja sama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pati itu, menyediakan hadiah bagi 12 pemilih. Sebanyak 12 karya swafoto di TPS terbaik dibagi dalam dua kategori, yakni perorangan dan kelompok.

Enam karya terbaik pada masing-masing kategori hasil penjurian diberikan hadiah. Khusus kategori kelompok, setiap timnya terdiri paling sedikit tiga orang.

“Untuk ketentuan lebih lanjut dapat disimak di akun Instagram @kpukabpati dan @pwipati,” katanya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, selfie perlu memerhatikan sejumlah ketentuan agar tidak melanggar aturan. Pengambilan gambar hanya diperkenankan di luar TPS.

“Pengabadian foto dan video di dalam bilik suara tidak diperbolehkan. Karena sesuai aturan memperlihatkan penggunaan hak pilihnya merupakan larangan lantaran mencederai prinsip kerahasiaan,” tandasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.