MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

74 TPS Mobile Siap Keliling ke RS dan Puskesmas di Jepara

0 38

MURIANEWS.com, Jepara – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jepara, memberikan perhatian bagi calon pemilih di Jepara yang tengah menjalani perawatan di pusat-pusat kesehatan. Agar mereka tetap bisa menyalurkan hak suaranya, KPU Jepara menyiapkan 74 TPS keliling atau TPS mobile.

Komisioner KPU Jepara, Ris Andy Kusuma menyatakan, TPS Keliling akan dilayani oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) terdekat dari pusat-pusat pelayanan kesehatan yang ada. Untuk coblosan 17 April 2019, aka nada 74 TPS keliling yang akan melayani warga yang tengah sakit.

Dari 74 TPS keliling tersebut, sebanyak 20 TPS akan beroperasi di RSUD Kartini Jepara. Sedangkan sisanya akan melayani di pusat-pusat kesehatan di masing-masing kecamatan.

Tiap tim TPS Keliling terdiri dari 2 petugas KPPS dan 1 petugas Linmas. Kemudian juga menyertai saksi dan pengawas TPS.

“Khusus untuk TPS Keliling ini, akan melayani para pasien atau warga yang tengah sakit mulai jam 12.00 WIB,” ujar Ris Andy, Selasa (16/04/2019).

Pemilih yang akan memanfaatkan TPS Keliling, terus diupdate jumlahnya sampai Selasa (16/4/2019) sore. Nantinya mereka akan dilayani dengan mekanisme formulir A-5 khusus pasien.

Data terakhir, khusus di RSUD Kartini Jepara, yang merupakan rumah sakit terbesar di Kabupaten Jepara, sudah ada 240-an pasien dicatat akan menyalurkan hak suaranya. Mereka dinyatakan sudah memenuhi syarat administrasi sebagai pemilik suara.

Namun jumlah ini kemungkinan bisa berubah, karena bisa saja pasien sudah sembuh, atau datang pasien baru lagi.

“Sedangkan untuk pasien kejiwaan, dokter di RSUD Kartini Jepara tidak memberikan rekomendasi kepada siapapun untuk bisa menyalurkan hak pilihnya,” tambah Ris Andy.

Sedangkan khusus di Rutan Kelas II B Jepara, sebuah TPS akan dibuka oleh KPU Jepara. Para warga binaan yang sudah didata bisa menyalurkan hak suaranya, akan memberikan suaranya di TPS yang dibuka di Lapangan Rutan kelas II B, Jepara.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.