MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tak Dipakai, Puluhan Ribu Surat Suara di Jepara Dibakar

0 87

MURIANEWS.com, Jepara – Surat suara Pemilu 2019 yang tidak digunakan, Selasa (16/4/2019) dimusnahkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jepara. Pemusnahan dilakukan dengan cara dibakar di halaman Kantor KPU Jepara.

Pemusnahan tersebut dilakukan KPU dengan mengundang sejumlah pihak. Di antaranya Bawaslu Jepara, Polres Jepara, perwakilan peserta Pemilu dan media.

Setelah dilakukan penandatangan berita acara pemusnahan, pembakaran terhadap surat suara dilakukan.

Ketua KPU Jepara, Subchan Zuhrie menyebutkan, secara keseluruhan ada 20.025 lembar surat suara yang dimusnahkan. Jumlah tersebut meliputi kertas suara rusak hasil penyortiran sebanyak 12.343 lembar dan kertas suara yang baik, namun sudah melebihi kebutuhan sebanyak 7.682 lembar.

“Ada surat suara yang kondisinya baik dan bisa digunakan untuk pemungutan suara yang juga dimusnahkan. Surat suara tersebut adalah kelebihan dari yang kami terima setelah kami sortir. Jadi tetap juga harus dimusnahkan,” ujar Subchan Zuhrie.

Pemusnahan surat suara yang rusak dan berlebih merupakan kegiatan yang harus dilakukan berdasarkan regulasi yang ada.

Sehari sebelum pemungutan suara, semua surat suara yang rusak dan berlebih harus dimusnahkan. Sehingga tidak disalahgunakan pada proses pemungutan suara.

Dari semua surat suara yang rusak, rinciannya adalah sebanyak 646 (Pilpres), 2.577 (DPD), 986 (DPR RI), 4.101(DPRD provinsi) dan 4.033 (DPRD kabupaten).

Sedangkan untuk surat suara yang bagus namun tetap dimusnahkan terdiri dari, 2.374 (Pilpres), 421 (DPD), 393 (DPR RI), 1.442 (DPRD provinsi) dan 3.053 (DPRD kabupaten).

 

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.