MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Jembatan Tanggulangin Dibuka 8 Mei, Ini syaratnya

0 319

MURIANEWS.com, Kudus – Progres Jembatan Kolonel Sunandar Tiga, hingga pagi ini (16/4/2019) terus meningkat. Salah satunya ditandai dengan memasuki masa pemasangan besi cor pada lantai jembatan. Jika semua lancar hingga akhir bulan, jembatan penghubung Kabupaten Kudus dan Demak ini bisa dibuka 8 Mei mendatang.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Underpass Karangsawah dan Jembatan Kolonel Sunandar Tiga, Alik Mustaqim menjelaskan, meski progress cepat, ketersendatan sangat dimungkinkan terjadi saat proses pengecoran yang akan dilakukan pada 24 – 25 April mendatang.

“Pasca pengecoran, potensi ketersendatan dimungkinkan berkurang,” jelasnya.

Sedang terkait open traffic atau pembukaan arus, Alik menargetkan pembukaan akan dimulai pada 8 Mei mendatang atau H-22 lebaran. Hanya, pembukaan arus kendaraan dari Arah Demak menuju Kudus tersebut, masih dibarengi dengan pengerjaan infrastruktur lain.

“Seperti lampu jalan, pembatas samping dan infrastruktur lain,” ucapnya.

Pengerjaan sarana penunjang memang terus dikebut. Mulai dari pelebaran di titik orpit atau titik awal jembatan, hingga pengecoran pada sisi tiang pancang juga terus dilakukan. Ini lantaran, pekerjaan harus berhenti total H-10 mendatang. Apabila masih ada pengerjaan, maka akan dilakukan pengerjaan di H+10 Lebaran.

“Di tanggal itu arus mudik mulai menuju puncaknya, jadi tidak akan dilakukan pengerjaan,” tandasnya.

Sebelumnya, Pembangunan rangka penopang Jembatan Kolonel Sunandar Tiga rampung dikerjakan. Total, lima line penghubung sisi Demak dan Kudus telah tersambung seluruhnya.

Pemasangan plat deck atau lantai jembatan pada lima line terhubung juga tengah dilangsungkan. Target, akhir bulan lantai jembatan mulai disentuh pengecorannya. Peningkatan mutu dilakukan pada proses pengecoran dan betonisasi nantinya. Dengan tujuan proses pengerasan cor bisa dipercepat.

Sedang sesuai Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK) 21 Desember 2017, pekerjaan pembangunan jembatan Kolonel Sunandar Tiga direncanakan berlangsung selama 540 hari hingga Juni 2019.

Jembatan Kolonel Sunandar Tiga dibangun untuk menggantikan jembatan lama tanpa rangka Sunandar Dua penghubung arus lalulintas dari arah Semarang ke Kudus. Sedang dari Kudus ke Semarang terdapat satu jembatan rangka di sisi timur.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.