MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Antisipasi Mati Lampu, Petugas Diimbau Bawa Senter di TPS

0 32

MURIANEWS.com, Kudus – Kapolres Kudus, AKBP Saptono mengimbau kepada seluruh petugas TPS untuk membawa senter dan alat penerangan lainnya selama proses pemilu berlangsung. Selain penghitungan suara yang dimungkinkan sampai fajar, langkah ini juga untuk mengantisipasi adanya mati lampu.

“Kita antisipasi gangguan sekecil mungkin,” katanya.

Apalagi, cuaca di Kudus saat ini masih sering turun hujan. Akibatnya, banyak daerah yang sering mati lampu. “Nah, berkaca dari situ, lebih baik kita antisipasi dari pada kecolongan,” terangnya.

Sementara, lanjutnya, untuk pengamanan, pihaknya sudah membuat posko pemantauan dan pengamanan Pemilu di Alun-alun Simpang Tujuh Kudus sejak Minggu (14/4/2019). Sesuai rencana, posko akan efektif memantau sampai akhir pemilu.

“Tanggal 18 kalau kondusif akan berakhir,” jelasnya.

Patroli di lapangan juga akan dilaksanakan setiap hari menjelang pemilu. Pergeseran pasukanke TPS-TPS juga telah dilaksanakan kemarin. “Hingga kini masih kondusif,” jelasnya.

Saptono menambahkan, sekalipun di Kudus dikategorikan daerah yang tidak rawan konflik, masih ada beberapa daerah yang perlu diwaspadai. Seperti di daerah Kecamatan Gebog dan Dawe yang menjadi daerah kategori rawan bencana.

“Terkait ini, kami sudah berkoordinasi dengan pihak BPBD,” ujarnya.

Sementara Ketua KPU Naily Syarifah memastikan tidak ada pemadaman listrik pada hari H Pemilu. Hal tersebut dikarenakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan PLN Kudus.

“Kami sudah berkoordinasi dengan pihak PLN,” jelasnya.

Meskipun demikian, pihaknya tetap mengantisipasi dengan menyiapkan genset. Hanya, satu genset akan digunakan untuk beberapa TPS yang lokasinya berdekatan. Sebab

“Jika satu TPS satu genset akan memakan biaya yang besar,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.