Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

KPU Sediakan TPS Keliling Bagi Tahanan Titipan di Polres Kudus

0 70

MURIANEWS.com, Kudus – Pemilihan Umum (pemilu) 2019 tinggal beberapa hari. Seluruh masyarakat Kabupaten Kudus yang sudah memilik hak pilih mempunyai hak yang sama untuk mencoblos. Tak terkecuali bagi tahanan titipan yang ada di Polres Kudus.

Untuk memfasilitasi hal itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kudus telah menyediakan fasilitas pencoblosan keliling atau tempat pemungutan suara (TPS) mobile bagi tahanan Polres Kudus.

Komisioner KPU Kabupaten Kudus Miftahurrohmah mengatakan, tahanan titipan di Polres Kudus bisa menyalurkan hak pilihnya lewat TPS mobile. Nantinya, kelompok panitia pemungutan suara (KPPS) yang didampingi pengawas dan saksi bakal keliling sambil membawa kotak suara dan surat suara.

“Rencananya di Polres nantinya ada dua TPS dari Desa Klaling Kecamatan Jekulo,” katanya saat ditemui di Kantor KPU Kudus, Senin (15/4/2019).

Ia mengatakan, pihaknya sudah mendata jumlah daftar pemilih tetap (DPT) tahanan titipan di Polres Kudus. Hingga saat ini tercatat ada 18 tahanan titipan yang masuk dalam DPT.

“Kami sebelumnya sudah mengecek dan sudah memasukan dalam DPT,” lanjutnya.

Meski begitu, TPS mobile tidak hanya berlaku bagi titipan tahanan Polres Kudus saja. Melainkan juga bagi pasien di rumah sakit. Warga yang dirawat juga berhak mendapatkan pelayanan TPS mobile ini.

“Seperti di RS Mardi Rahayu Kudus ini rencananya ada 10 TPS. Namun, untuk di RSUD belum kami hitung. Untuk jumlah pasiennya, seperti di RS Mardi Rahayu ada sebanyak 300 pasien,” ujarnya.

Sementara itu, untuk Rumah Tahanan (Rutan) Kudus ada TPS khusus, yakni TPS 20. Rencanannya di Rutan ada petugas baik dari KPU hingga pengawas untuk melaksanakan pemilu 2019.

“Jumlah DPT di Rutan ini ada 33 DPT. Karena di Rutan ini didomisili kependudukan orang dari Kecamatan Jati dan Kecamatan Kota,” imbuhnya.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.