Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Antisipasi DBD, Rumah Kebanjiran di Gabus Pati Difogging

0 92

MURIANEWS.com, Pati – Meski banjir di Desa Sunggingwarno, Kecamatan Gabus, Pati, baru terjadi Senin (15/4/2019) hari ini, tetapi pihak desa segera melakukan antisipasi terhadap dampak kesehatan warga. Mereka pun langsung melakukan pengasapan atau fogging di masing-masing rumah warga yang terdampak.

Perangkat Desa Sunggingwarno, Muhammad Jalal mengatakan, fogging ini dilakukan agar warga tidak terkena demam berdarah dangue (DBD). Sehingga pihaknya melakukan antisipasi terlebih dahulu.

“Kalau banjir itu kan pasti ada nyamuk yang berkeliaran. Apalagi ini sampai masuk ke rumah-rumah warga. Kalau tidak di-fogging, nanti malah warga terkena penyakit,” katanya, Senin (15/4/2019).

Ia juga meminta kepada warga agar waspada terhadap DBD. Mengingat, lokasi banjir sangat rentan untuk pertumbuhan nyamuk.

Pada saat rumah sudah tidak tergenang, warga juga diminta untuk cepat-cepat melakukan pembersihan. Bahkan jika dimungkinkan, nanti akan dilakukan kerja bakti bersama agar lebih cepat.

“Itu memang sudah kebiasaan warga kami. Gotong royong membersihkan rumah yang terdampak banjir secara bergantian,” ujarnya.

Ia mengatakan, jika di wilayah Pucakwangi tidak terjadi hujan, dipastikan dalam dua hari air akan segera surut. Namun, jika terjadi hujan, debit air yang menggenangi perkampunvan warga dipastikan semakin tinggi.

“Ini karena sungai di wilayah kami mengalami pendangkalan. Sehingga, hujan sedikit saja di desa kami langsung terdampak banjir,” pungkasnya.

 

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.