MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Bukan AC, Ternyata Ini yang Dibutuhkan di Pasar Kliwon

0 210

MURIANEWS.com, Kudus – Rencana penambahan fasilitas Air Conditioning (AC) pada Blok A Pasar Kliwon memang ditanggapi positif sebagian pedagangnya. Hanya, pemasangan AC dirasa belum dianggap penting bagi para pedagang.

Koordinator Pasar Kliwon Sugiarto mengatakan, hal yang paling dibutuhkan saat ini adalah genset untuk operasional pasar. Genset dirasa perlu mengingat beberapa kali Pasar Kliwon terkena imbas dari pemadaman listrik.

“Tapi jika bisa direalisasi dua-duanya sangat bagus,” jelasnya pada MURIANEWS.com di kantornya, Senin (15/4/2019).

Baca Juga: Pasar Kliwon Bakal Dipasangi AC

Ia menjelaskan, genset operasional milik pasar akan mengurangi penggunaan genset di tiap-tiap kios secara individu. Apalagi, penggunaan genset secara individu bisa menimbulkan pencemaran udara.

“Selain polusi, suaranya juga bising. Hal tersebut tentu mengganggu kenyamanan pengunjung,” ucapnya.

Sementara Handayani (28) salah satu pekerja di kios konveksi Blok A menyatakan tidak keberatan jika dipasangi AC. Hanya, untuk operasionalnya diharapkan tidak dipungut biaya.

“Setuju saja, semoga saja terealisasikan. Tapi pedagang jangan ditambah biaya,” jelasnya.

Salah satu pengunjung saat berjalan di komplek Blok A yang bakal dipasangi AC oleh Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus (MURIANEWS.com/Anggara Jiwandhana)

Senada, Muriyaningsih juga mengatakan hal yang sama. Pihaknya juga menyarankan untuk memaksimalkan apa yang ada terlebih dahulu.

“Tapi jika ingin ditambahi AC tidak masalah,” ucapnya.

Sebelumnya, Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus mulai serius dalam menggarap Pasar Kliwon sebagai destinasi wisata baru di Kabupaten Kudus. Sejumlah infrastruktur penunjang akan ditambah. Salah satunya adalah dengan menambahkan Air Conditioning (AC) di setiap sudut pasar.

Pemasangan AC merupakan langkah tindak lanjut dari peremajaan Pasar Kliwon yang di targetkan jadi wisata belanja di Kota Kretek. Hanya, pemasangan akan dilaksanakan secara bertahap. Sesuai rencana, pemasangan akan dimulai pada blok A Pasar Kliwon.

Pengadaan AC akan dianggarakan dalam APBD perubahan mendatang. Dengan rancangan awal, setiap 15 meter pemasangan membutuhkan dana sekitar Rp 134 juta. Untuk biaya listrik, akan dibebankan kepada para pedagang. Komunikasi terkait hal ini terus dilakukan.

Terkait kedepannya, ketika rencana pemasangan teralisasi, Kepala Dinas Perdagangan Sudiharti mengaharpkan semua elemen pasar menjaganya dengan baik. Perawatan AC akan dibebankan pada pemerintah, para pedagang atau masyarakat pasar hanya perlu menjaga dan ikut merawat dengan baik.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

HUT ke-293 Grobogan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.