Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Polres Kerahkan 546 Personel Amankan Pemilu di Kudus

Ucapan Pelantikan Bupati Jepara Pemkab PC
0 58
Ucapan Pelantikan Bupati Kodim Jepara PC

MURIANEWS.com, Kudus – Polres Kudus bakal menerjunkan 546 personel guna mengamankan Pemilu 2019 di Kota Kretek. Ratusan personel tersebut akan melakukan pengamanan sejak distribusi logistik hingga perhitungan selesai.

”Kami akan mengamankan secara maksimal. Rencananya akan dimulai hari ini,” kata Kapolres Kudus, AKBP Saptono saat jumpa pers bersama KPU dan Bawaslu Kudus, Sabtu (13/4/2019).

Ia menyebutkan, jadwal distribusi surat suara pada tujuh kecamatan akan dilaksanakan siang nanti. Pengamanan langsung dilakukan masing-masing Polsek dengan sistem jemput ke gudang langsung.

“Kami juga akan mengamankan gudang logistik di masing-masing kecamatan,” jelas Saptono.

Pospam terpadu juga akan dijalankan mulai Minggu (14/4/2019) besok. Tiap harinya 15 personel gabungan akan disiagakan. Personel gabungan terdiri dari 5 pihak kepolisian, 5 TNI, dan 5 Satpol PP.

“Patroli juga akan digelar tiap hari untuk menjaga kondusifitas,” ujarnya.

Ketua KPU Kudus Naily Syarifah (kiri), Kapolres Kudus AKBP Saptono (tengah), serta Komisioner Bawaslu Kasmian, saat memberikan keterangan dalam konfrensi pers hari ini (MURIANEWS.com/Anggara Jiwandhana)

Saptoni menambahkan, hingga kini belum ditemukan adanya gangguan kondusifitas terkait pemilu. Titik rawan juga belum ditemukan hingga sekarang. Namun, pihaknya tetap menjamin kesiapan anggotanya terkait pengamanan pemilu.

“Tetap kami akan lakukan patroli rutin,” tandasnya.

Komisioner Bawaslu Kudus Kasmian, juga menyatakan kesiapannya terkait pengawasan jalannya pesta demokrasi 5 tahunan ini. Pendeteksian dini pelanggaran ataupun kesalahan dalam proses juga terus dilakukan hingga sekarang.

“Kami coba mencegah kesalahan sekecil mungkin, terutama pada pemberian surat suara pada pengguna surat A5 supaya tidak tertukar,” lanjutnya.

Sementara terkait pelaksanaan, Kepala KPU Kudus, Naily Syarifah menjelaskan, hingga kini jumlah DPT berada di angka 630.618. Sedang jumlah TPS akan berjumlah 3.049 buah yang tersebar di 132 desa.

“Pengiriman logistik di Kudus akan dimulai hari ini di tujuh kecamatan. Sedang dua kecamatan yakni Kota dan Jati dilaksanakan tanggal 15,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Ucapan Pelantikan Bupati Jepara Banner PC

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.