Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

KPU Pati Ingatkan Desain TPS Harus Ramah Difabel

MURIANEWS.com, Pati – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati meminta kepada petugas Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk mendesain TPS yang ramah terhadap penyandang disabilitas. Hal itu agar para penyandang disabilitas, tidak kesulitan ketika hendak menggunakan hak pilihnya.

“Kami sudah mengingatkan agar TPS dibuat lebih mudah untuk pemilih yang difabel. Karena, apabial TPS tidak aksesibilitas, nanti malah kesulitan bagi teman-teman disabilitas ketika hendak menggunakan hak suaranya,” tutur Ketua KPU Pati Imbang Setiawan, Jumat (12/4/2019).

Ia juga mengatakan, ada beberapa indikator agar TPS aksesibilitas ini bisa diterapkan.  Pertama adalah akses jalan menuju TPS tidak berbatu, tidak bergelombang, tidak berumput tebal dan tidak terhalangi parit atau selokan.

“Ini akan memudahkan bagi pemilih disabilitas apabila mereka menggunakan kursi roda. Penting juga agar okasi TPS tidak bertangga, tidak bertingkat atau berundak, tidak berumput tebal dan tidak berpasir,” katanya.

Lebih dari itu, apabila TPS berada di dalam ruangan, setidaknya pintu masuk dan keluar minimal berukuran 90 sentimeter atau lebih. Untuk ruangan TPS usahakan pula agar leluasa gerak atau tidak sempit.

“Hal lain yang perlu juga diperhatikan adalah meja bilik TPS memiliki ruang kosong di bawahnya dengan ketinggian cukup, yakni 75 sentimeter sampai dengan 100 senti meter,” ujarnya.

Selain itu, untuk tinggi meja kotak suara maksimal 35 sentimeter, agar pemilih berkebutuhan khusus dapat menjangkau itu. Khusus untuk pemilih yang tuna netra,  akan disediakan template braille.

“Untuk template braille, kami akan melihat DPT terlebih dahulu. Apabila di TPS tersebut ada pemilih yang tunanetra, kami akan menyediakannya,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...