Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Pelelangan Ikan di TPI Unit II Juwana Pati Menurun, Ini Penyebabnya

MURIANEWS.com, Pati – Produksi ikan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Juwana Unit II tahun ini diperkirakan mengalami menurunan. Hal itu lantaran banyak kapal nelayan yang menitipkan ikannya ke kapal pengangkut.

Kepala TPI unit II Juwana Tri Widodo mengatakan, kapal yang pergi melaut, saat ini tidak bisa langsung kembali dalam jangka pendek. Rata-rata tiga bulan baru bisa kembali. Karena itu, kapal tersebut sering kali menitipkan ikannya ke kapal barang yang kapasitasnya hanya 20 ton sekali angkut.

“Belum lagi ikan yang langsung dibeli oleh konsumen, rata-rata tidak melalui pelelangan, tetapi langsung diangkut menggunakan kontainer dari Surabaya. Hal itulah yang membuat produksi ikan menurun,” katanya, Jumat 12/4/2019).

Dirinya mengatakan, dalam kurun waktu tiga bulan terakhir, hanya 4.juta kilogram ikan dari berbagai jenis yang masuk ke TPI. Sementara pada tahun lalu, triwulan pertama produksi ikan mencapai sekitar hampir 5 juta kilogram.

“Yang jelas,  faktor utama memang banyaknya ikan yang dititipkan ke kapal barang dan diangkut menggunakan kontainer. Kalau diangkut menggunakan kontainer, tentunya tidak melalui proses pelelangan terlebih dahulu,” imbuhnya.

Ditingkat nelayan, lanjutnya, pengangkutan menggunakan kontainer yang langsung disetorkan ke konsumen, dinilainya memang lebih irit. Selain tidak perlu retribusi, ikan langsung bisa dimasukkan ke coolstorage.

“Kalau melalui kapal angkut, biayanya memang agak mahal, terutama untuk pembelian solar dan pendingin ikan agar tudak busuk,” urainya.

Meski demikian, dirinya tetap berharap agar para pemilik kapal maupun nelayan datang ke TPI terlebih dahulu untuk proses pelelangan. Hal itu agar lebih mudah dalam pendataan ikan yang masuk dan ada retribusi untuk pemasukan daerah.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...