Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Awasi Pelanggaran Pemilu, Bawaslu Kudus Gelar Apel Bertema Tolak Politik Uang

MURIANEWS.com, Kudus – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kudus hari ini menggelar apel persiapan pengawasan pemilu 2019 di halaman kantor, Jumat (12/4/2019). Apel ini dilakukan dalam rangka untuk melakukan pengawasan pelanggaran saat pemilu 2019.

Ketua Bawaslu Kudus Moh Wahibul Minan mengatakan, giat pada hari ini adalah persiapan apel pengawasan pemilu 2019 dengan tema menolak politik uang.

“Apalagi pelaksanaan pemilu 2019 tinggal beberapa hari lagi. Pelaksanaannya nanti di hari tenang dan di hari H pelaksanaan pemilu. Hari itu potensi terjadi pelanggaran,” katanya.

Ia mengatakan, ada beberapa potensi pelanggaran pemilu 2019 yang perlu diwaspadai. Di antaranya politik uang, isu sara, berita hoaks, dan ujaran kebencian.

Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Kudus menggelar apel persiapan pengawasan pemilu 2019 di halaman kantor, Jumat (12/4/2019).  (MURIANEWS.com/Dian Utoro Aji).

“Hanya potensi yang mendominasi di Kudus ini adalah politik uang,” jelasnya.

Untuk itu, ia telah mengajak seluruh anggota Bawaslu Kudus. Baik dari tingkat Desa hingga Kabupaten Kudus untuk selalu bekerja keras. Untuk membuka telinga, membuka informasi yang ada.

“Kemarin kami sudah melakukan investigasi terkait informasi yang kami terima ada penyebaran uang. Namun sampai saat ini bekum ada temuan,” terangnya.

Ditambahkan Minan, bagi pelaku politik uang bisa diancam pidana. Hal itu diatur dalam UU Nomo 7 2017 pasal 523 tentang pemilu.

“Ancamannya bisa dua tahun bisa juga tiga tahun. Tergantung dari ketika apa pelaku melakukan politik uang,” tandasnya.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...