Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kelompok Tani Pati Didorong Bikin Coffee Shop di Tiap Kecamatan

MURIANEWS.com, Pati – Kopi merupakan salah satu komoditas perkebunan di Pati yang mempunyai nilai jual tinggi. Apalagi sebagian besar masyarakat yang berada di wilayah pegunungan, terutama Kecamatan Gembong dan Gunungwungkal membudidayakan kopi tersebut.

Untuk menambah nilai produksi, para petani diberikan bimbingan penanganan komoditas perkebunan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Pati.

Kepala Seksi Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Pati, Gunawan mengatakan, ada banyak petani kopi di wilayah utara dan barat Pati. Sehingga pihaknya berusaha untuk memberikan bimbingan agar bisa dikelola dengan baik.

“Hari ini kita fokus pada pengelokaan kafe, coffee shop dengan minimalis yang bisa dikerjakan oleh teman-teman kelompok tani, ” jelasnya, Kamis (11/4/2019)

Untuk ke depan, pihaknya berharap dengan adanya kedai atau kafe di 21 kecamatan, pemuda Karang Taruna juga mampu membantu pemasaran produk kopi Pati.

“Khusus kita orientasi kegiatan, yaitu bagaimana membuka peluang pasar dan pekerjaan khususnya di sektor komoditas kopi. Jadi nanti di dua 21 kecamatan harapan saya paling tidak punya dua kedai di setiap kecamatan. Dengan demikian bisa membuka peluang pekerjaan untuk empat orang di setiap kedai,” harapnya.

Untuk sementara, lanjut Gunawan, Dinas Pertanian hanya memfokuskan kepada kelompok tani.

“Untuk tahun depan kita upayakan pada Karang Taruna yang tidak mempunyai komuditas kopi, untuk membuka kedai sehingga dapat ikut memasarkan produk kopi Pati,” Tandasnya.

Sementara itu, Ketua Klaster Kopi Pati, Muttaqin mengatakan bahwa ia siap membantu pelatihan barista, sehingga di Kabupaten Pati nantinya mempunyai puluhan bahkan ratusan barista yang handal.

“Kita bisa latihan bersama terkait barista kopi. Bagaimana cara membuat kopi Vietnam, American coffee dan sebagainya. Sehingga kita punya puluhan barista yang handal,” pungkasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...