Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Nelayan Cantrang Diminta Segera Beralih Alat Tangkap

MURIANEWS.com, Pati – Meskipun sudah ada surat edaran dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terkait perpanjangan izin cantrang hingga satu tahun mendatang, tetapi pemilik kapal diminta untuk beralih alat tangkap.

Mengingat, perpanjangan sudah dilakukan empat kali. Dihawatirkan tidak ada perpanjangan lagi. Hal itu disampaikan Kepala Syahbandar Pelabuhan Perikanan Pantai Bajomulyo Pati, Maryadi saat ditemui di kantornya, Kamis (11/4/2019).

Surat Edaran itu Nomor 523/0005592 tertanggal 13 Maret 2019. Surat tersebut berisi tentang pemberian izin melaut dan rekomendasi perpanjangan kapal ikan 10 GT sampai dengan 30 GT dengan alat tangkap cantrang di Jawa Tengah.

“Perpanjangan waktu yang diberikan kali ini cukup panjang, yakni satu tahun, mulai dari 31 Maret 2019 sampai 31 Maret 2020. Sebelumnya, perpanjangan waktu hanya diberikan 6 bulan saja,” jelasnya.

Perpanjangan itu, kata dia, berlaku bagi kapal ikan 10 GT – 30 GT, untuk kemudian mereka bisa mengurus perpanjangan Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI). Sedang bagi kapal ikan 30 GT ke atas, sudah terlebih dulu diberikan izin untuk bisa memperpanjang surat keterangan melaut (SKM).

“Dengan terbitnya surat edaran tersebut, kini nelayan cantrang sudah mulai mengurus SIPI,” terangnya.

Berdasarkan data yang dibeberkan, sampai saat ini setidaknya sudah 75 persen kapal cantrang yang beralih alat tangkap. Namun,  pihaknya juga mengakui bahwa ada berbagai kendala yang dialami nelayan atau pemilik kapal untum beralih ke alat tangkap yang lain.

“Kendala yang paling utama memang pada pembiayaan atau dana untuk mengganti alat tangkap. Semoga dengan perpanjangan izin ini, para pengguna cantrang bisa segera untuk mengganti alat tangkap,” tandasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...