Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Beda! Nama Jalan di Kampung Sukoharjo Ini Pakai Alat Kontrasepsi KB

0 557

MURIANEWS.com, Sukoharjo – Umumnya nama jalan, biasanya menggunakan nama pahlawan atau tokoh. Jika di kompleks perumahan biasanya menggunakan nama buah-buahan atau tanaman. Namun di Sukoharjo ini nama-nama yang digunakan sungguh beda dan tak lazim.

Nama yang digunakan sebagai nama jalan, justru menggunakan nama yang biasa digunakan untuk alat kontrasepsi untuk wanita. Contohnya IUD, MOW (Medis Operatif Wanita) ataupun Jalan Suntik.

Nama-nama jalan unik itu akan Anda temui di sebuah kampung di Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo. Tepatnya di Kedung Batang, Desa Ngasinan.

Dan ternyata pemilihan nama-nama tak lazim ini sebagai nama jalan ada penyebabnya. Ada erat kaitannya dengan program Keluarga Berencana (KB). Memang desa ini telah dicanangkan sebagai Kampung KB oleh Pemkab Sukoharjo sejak 2017 lalu.

Ada tiga RT di Kedung Batang yang ditetapkan sebagai Kampung KB. Kampung RT 002/RW 005, RT 003/RW 005, RT 003/RW 005, dan RT 003/RW 006.

Kepala Desa (Kades) Ngasinan, Ibnu Wiyatno, mengatakan pembentukan kampung KB di Dukuh Kedung Batang melalui beberapa tahapan, diawali dengan survei wilayah oleh petugas penyuluh lapangan KB (PLKB) ke berbagai wilayah RT, RW, dan dukuh.

Survei dilakukan guna mengetahui wilayah mana yang sesuai dengan persyaratan dan kriteria Kampung KB.

“Dari hasil survei itu, wilayah Kedung Batang layak menjadi Kampung KB. Kondisi kampung paling kumuh di mana sebelah barat ada Sungai Buntung dan utara Sungai Bengawan Solo,” katanya dikutip dari solopos.com.

Selain kumuh, kriteria lainnya juga memenuhi syarat seperti masih banyaknya keluarga prasejahtera serta jumlah laki-laki peserta KB masih sedikit. Atas kondisi ini, perangkat desa bersama tokoh masyarakat dan warga sepakat membentuk kampung KB di wilayah Kedung Batang.

“Segala persiapan dilakukan hingga akhirnya dicanangkan Kampung KB di Kedung Batang, termasuk memberikan nama jalan dengan nama-nama yang berhubungan dengan KB, seperti alat kontrasepsi,” ujarnya.

 

Penulis: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha
Sumber: solopos.com

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.