Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Ribuan Nelayan Pati Diperkirakan Masih di Laut Saat Coblosan

MURIANEWS.com, Pati – Setidaknya ada 2.500 an nelayan Kabupaten Pati yang berada di laut pada saat pelaksanaan pemungutan suara pada 17 April 2019 mendatang. Bahkan diperkirakan mereka juga kesulitan untuk menggunakan hak pilih pada saat itu.

Kepala Syahbandar Pelabuhan Perikanan Pantai Bajomulyo Maryadi mengatakan, pada April ini ada 145 kapal yang berangkat melaut. Dari jumlah kapal tersebut, ada kurang lebih 2.500 anak buah kapal (ABK) yang berada di dalamnya.

“Kami perkirakan pada 17 April itu, mereka belum datang. Tapi tidak tahu juga kalau nanti mereka menggunakan hak pilih di daerah lain,” katanya saat ditemui, Kamis (11/4/2019).

Lebih lanjut,  sampai saat ini pihaknya juga belum mendapatkan surat tembusan dari instansi terkait agar nelayan dilarang melaut terlebih dahulu sampai masa pemungutan suara selesai. Padahal, kalau ada tembusan pihaknya bisa mengimbau ke pemilik kapal maupun para nelayan.

“Kalau tidak ada surat tembusan, kami tidak bisa menunda atau melarang mereka. Sampai saat ini kami juga belum mendapatkan surat edaran itu,” ungkapnya.

Ia menambahkan, ada juga nelayan yang pada Maret berangkat melaut, dan diperkirakan pada 17 April juga belum pulang. Mengingat, wilayah penangkapan ikan rata-rata berada di Papua dan Laut Aro, Ambon.

Ditamba lagi dengan nelayan yang pada awal tahun lalu berangkat, tetapi berencana akan pulang pada saat Lebaran. Dimungkinkan mereka juga tidak bisa menggunakan hak pilih.

“Kalupun mereka hendak menggunakan hak pilih, posisinya susah. Karena mereka berada di tengah laut dan mencari lokasi tangkapan yang strategis dan terdapat banyak ikannya. Kalaupun bersandar di pelabuhan terdekat, mungkin mekanismenya juga belum tahu,” tutup Maryadi.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...