Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Lima Line Terhubung, Lantai Jembatan Tanggulangin Mulai Dipasang

0 369

MURIANEWS.com, Kudus  – Pembangunan rangka penopang Jembatan Tanggulangin atau jembatan Kolonel Sunandar Tiga rampung dikerjakan. Total, lima line penghubung sisi Demak dan Kudus telah tersambung seluruhnya.

Saat ini, para pekerja mulai fokus memasang plat deck atau lantai jembatan pada lima line terhubung tersebut. Targetnya, akhir bulan ini lantai jembatan mulai dicor.

“Kami upayakan secepatnya,” terang Tedi rahman, Humas PT Duta Mas Indah selaku kontraktor pembangun.

Selain pemasangan lantai jembatan, pengecoran pada orpit atau titik awal jembatan di bagian Demak juga terus dikebut. Pengecoran juga sempat dibarengi dengan pembuatan gorong-gorong dengan panjang 279 meter yang kini telah selesai pengerjaannya.

“Semua masih sesuai jadwal pengerjaan,” katanya di lokasi pembangunan, Selasa (9/4/2019) siang.

Untuk mewujudkan target tersebut, kontraktor melakukan penambahan jumlah pekerja. Hingga kini, ratusan pekerja dipekerjakan di berbagai lini pada pembangunan tersebut. Penambahan jam kerja juga dilaksanakan, dengan harapan pekerjaan sesuai target yang dibebankan.

“Tapi tetap sesuai prosedur keamanan yang berlaku,” ujarnya.

Jika tak ada kendala, pembukaan arus lalu lintas akan disegerakan pada awal puasa. Peningkatan mutu dilakukan pada proses pengecoran dan betonisasi. Dengan tujuan proses pengerasan cor bisa dipercepat.

Tedi menjelaskan, waktu normal pengerasan cor membutuhkan 21 hari untuk pengerasan. Sedangkan pengecoran tanggulangin dipersingkat menjadi 7 hari dengan teknik fast track.

“Yang pertama dilakukan adalah pemasangan lantai, pembesian, baru pengecoran dengan meningkatkan mutu atau fast track,” jelasnya.

Sebelumnya, Jembatan Kolonel Sunandar Tiga ditargetkan rampung H-14 lebaran. Pemakaian jembatan berpanjang 650 meter tersebut diupayakan secepatnya dilakukan. Mengingat ketersendatan tiap sore terjadi di jalan depan proyek.

Sedang sesuai Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK) 21 Desember 2017, pekerjaan pembangunan jembatan Kolonel Sunandar Tiga direncanakan berlangsung selama 540 hari hingga Juni 2019.

Jembatan Kolonel Sunandar Tiga dibangun untuk menggantikan jembatan lama tanpa rangka Sunandar Dua penghubung arus lalulintas dari arah Semarang ke Kudus. Sedang dari Kudus ke Semarang terdapat satu jembatan rangka di sisi timur.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.