Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

KPU Jepara Prioritaskan Pengiriman Logistik Pemilu ke Karimunjawa

MURIANEWS.com, Jepara- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jepara mulai menyiapkan proses distribusi logistik Pemilu 2019. Sejak, Selasa (9/4/2019) proses penyiapan tersebut dimulai untuk kebutuhan logistik Pemilu 2019 di wilayah Karimun Jawa.

Komisioner KPU Jepara, Muhammadun menyatakan, Karimun Jawa yang berada jauh di seberang lautan dari Jepara daratan, seperti biasa akan mendapatkan prioritas. Untuk kebutuhan Karimunjawa, pada Rabu (10/4/2019) ditargetkan semua kebutuhan logistik sudah sampai di kota kecamatan.

Logistik tersebut rencanannya akan diangkut menggunakan truk milik PT Pos Indonesia yang kemudian akan dinaikan KMP Siginjai. Dari Pelabuhan Penyeberangan Pantai Kartini Jepara, KMP Siginjai dijadwalkan akan berlayar pada Jam 07.00 WIB.

“Jadi dari perkiraan waktu yang bisa kita prediksi, logistik Pemilu 2019 sudah akan tiba di Karimun Jawa pada siang hari sekitar jam 12.00 WIB,” ujar Muhammadun, Selasa (9/4/2019).

Untuk Karimunjawa, KPU Jepara mengirimkan sejumlah jenis logistik untuk Pemilu 2019. Di antaranya adalah kotak suara TPS sebanyak 160 buah dan kotak untuk kebutuhan di PPK sebanyak 13 buah. Selain itu, juga surat suara dan kebutuhan logistik lainnya.

Selanjutnya, logistik tersebut akan disimpan lebih dulu di kecamatan dengan penjagaan dari pihak keamanan. Baru pada tanggal 14 April 2019 sejumlah logistik akan dibawa ke PPS Desa Parang dan Nyamuk, dengan menggunakan jalur laut.

Sedangkan untuk PPS Kemujan dan Karimunjawa akan didistribusikan pada 15 April menggunakan jalur darat.

“Untuk Pulau Genting, yang masuk wilayah Desa Karimunjawa akan dikirim menggunakan jalur laut juga. Di Genting ada satu TPS dengan jumlah pemilih mencapai 216 pemilih,” terangnya.

Karimunjawa yang masuk dalam Daerah Pemilihan Jepara I, memiliki 6.929 pemilih dengan 32 TPS yang tersebar di 4 desa. Terdiri dari Desa Karimunjawa memiliki 15 TPS dengan 3.446 pemilih. Jumlah ini termasuk 216 pemilih di Pulau Genting yang dilayani oleh 1 TPS.

Sedangkan Desa Kemujan, memiliki 11 TPS dengan 2.248 pemilih. Lalu Desa Parang dengan 4 TPS memiliki 820 pemilih. Sementara Desa Nyamuk dengan 2 TPS memiliki 415 pemilih.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...