Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Muncul Kabar Sweeping Jelang Kampanye Capres di Solo, Polda: Jangan Resah

0 82

MURIANEWS.com, Semarang – Selasa (9/4/2019) sore nanti, Capres nomor urut 01 Joko Widodo, dijadwalkan menggelar kampanye akbar di Lapangan Sriwedari Solo. Jelang kampanye ini, muncul pesan berantai tentang rencana akan adanya sweeping oleh kelompok pendukung capres tertentu.

Terlebih, pada Rabu (10/4/2019) besok juga akan digelar kampanye akbar oleh capres nomor urut 02 Prabowo Subianto di tempat yang sama.

Pesan ini menyebar melalui broadcast WA dan media sosial lainnya. Sejumlah pengguna media sosial juga tak sedikit yang menyebarkan pesan ini.

Polda Jawa Tengah memastikan kabar sweeping itu hoaks. Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol Agus Triatmaja mengimbau pada warga, terutama di daerah Solo untuk tidak resah.

Masyarakat dipersilahkan untuk tetap menjalankan aktivitasnya seperti biasa, karena polisi akan memastikan keamanan.

“Kami pastikan bahwa broadcast yang telah menyebar di masyarakat tersebut adalah hoaks yang sengaja dimunculkan orang tidak bertanggung jawab untuk membuat masyarakat resah dan takut, ” katanya, Selasa (9/4/2019).

Ia menegaskan bahwa Polda Jateng dibantu oleh TNI siap mengamankan kampanye rapat terbuka dari semua paslon capres dan cawapres.

“Kami berikan pengamanan yang sama untuk semua capres maupun cawapres. Ini merupakan tugas dan tanggung jawab kami untuk menjamin keamanan dan ketertiban masyarakat,” ujarnya.

Kabidhumas Polda Jateng berharap masyarakat untuk tetap melaksanakan kegiatan seperti biasa dan tidak ikut ikutan menyebarkan broadcast tersebut.

”Mari kita bersama-sama jaga situasi di wilayah Jawa Tengah ini, khususnya di wilayah Solo Raya agar tetap kondusif. Sehingga masyarakat dapat beraktivitas seperti biasa,” tambahnya.

Baca: Selasa-Rabu Jokowi dan Prabowo Kampanye Akbar di Solo, Pengamanan Diperketat

Untuk melaksanakan pengamanan kampanye capres di Solo yang digelar selama dua hari berturut-turut itu, pihak kemanan menerjunkan 2.500 personel gabungan dari Polri dan TNI.

Sebanyak 2.500 personel tersebut berasal dari Polresta Surakarta, polres di Solo Raya, polres di lingkup Polda Jateng lain, serta dibantu Pasukan Brimob Polda Jateng, Satuan TNI yang ada di Solo Raya, serta pasukan Kavaleri.

“Semua mem-‘back up’ Polresta Surakarta untuk meyakinkan masyarakat Solo tetap aman dan nyaman,” kata Kapolresta Surakarta, Kombes Pol Ribut Hari Wibowo.

Dalam kampanye itu, diperkirakan massa yang akan hadir mencapai 50-70 ribu orang untuk setiap kampanye. Oleh karenanya, pihaknya melakukan pengamanan secara ketat.

 

Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.