Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ini 10 Program dan Inovasi Unggulan Layanan Masyarakat Disdukcapil Kudus

MURIANEWS.com Kudus – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kudus terus melakukan inovasi pelayanan. Hal ini dalam rangka untuk memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat. Bahkan tercatat, Dukcapil Kudus membuat 10 inovasi pelayanan kependudukan dan pencatatan sipil kepada masyarakat Kota Kretek.

“Kami ada 10 program dan inovasi pelayanan kepada masyarakat. Terutama pelayanan kependudukan dan pencatatan sipil,” kata Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dukcapil Kudus Ahmad Sofyan saat ditemui di Kantornya, Senin (8/4/2019).

Ia menjelaskan, ke-10 program dan inovasi itu terdiri dari, program Si Bolang Mahir. Program ini bekerjasama dengan seluruh rumah sakit dan puskesmas di wilayah Kabupaten Kudus. Ibu melahirkan, pulang bawa akta kelahiran si buah hati dan kartu keluarga.

Kedua program wasalam. Program ini terbagi menjadi dua yaitu Wasalam 2 in 1 dan Wasalam 3 in 1. Program Wasalam 2 in 1 ini terkait pengurusan akta kematian yang dilaksanakan oleh ahli waris maupun unsur pemerintahan. Program ini bertujuan untuk lebih mudah pengurusan dan mempercepat pelaporannya. Program ini mendapatkan akta kematian dan KK.

“Lalu program wasalam 3 in1. Program ini yakni pengurusan kematian yang dilaksanakan oleh ahli waris maupun unsur pemerintah. Ini dilakukan bertujuan pengurusan agar mempercepat pelaporannya. Program ini mendapatkan akta kematian, KK, dan E-KTP,” ujarnya.

Berikutnya, program sedekah pelayanan. Program ini merupakan inovasi untuk menyediakan sarapan pagi gratis pada hari jumat. Pembiayaan ini dari donatur dengan tujuan memberikan kenyamanan bagi warga yang datang ke Dukcapil.

Program UAS Dukcapil, yaitu program untuk anak sekolah. Program ini jemput bola perekaman E-KTP bagi pemula ke sekolah SMA sedejarat. Program ini bertujuan untuk melakukan perekaman E-KTP untuk warga pemula yang berusia minimal 17 tahun.

“Lalu program aplikasi Dukcapil Kudus. Pelayanan admindu ini secara online dengan aplikasi berbasis androri. Program ini untuk pengurusan adminitrasi kependudukan warga dengan cara men-download aplikasi Dukcapil Kudus di HP android,” ungkapnya.

Selanjutnya, program Telepunan Dukcapil. Yakni tanya seputar pelayanan Dukcapil Kudus. Pelayanan ini khusus untuk menangani pengaduan dari warga tentang pelayanan adminduk dengan melalui tatap muka langsung, media telepon, media sosial.

“Program delivery order. Yakni layanan antar kirim dokumen produk adminduk. Program ini memberikan kemudahan warga dengan cara petugas dari dinas Dukcapil mengantarkan dokumen yang diajukan pemohon baik secara online, sampai ke alamat pemohon secara gratis,” terangnya.

Ditambahkan dia, ada program Adminduk Servise of The Month. Yakni pemberian penghargaan bagi pegawai PNS atau tenaga outsourcing atas kinerja terbaik perbulan dalam pelayanan aminduk.

“Serta ada program rumah paman capil. Program ini pengurusan dokumen Dukcapil dengan melibatkan tiga stake holder yaitu TP PKK desa, karang taruna desa, dan bidan desa yang bersifat relawan. Program ini bertujuan untuk mempermudah pelayanan dan memberdayakan TP PKK Desa, Karang Taruna Desa, dan Bidan Desa,” ungkapnya.

Dengan demikian, diharapkan masyarakat di Kabupaten Kudus dapat dengan mudah mendapatkan pelayanan Aminduk. “Memberikan kemudahan pelayanan publik kepada masyarakat,” tandasnya.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...