MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pakar dari Berbagai Universitas Digandeng Siapkan Naskah Akademik Ratu Kalinyamat

1 172

MURIANEWS.com, Jepara – Upaya untuk kembali mengusulkan gelar pahlawan nasional kepada Ratu Kalinyamat terus digenjot. Yayasan Dharma Bakti Lestari (DBL) sebagai pihak yang mengupayakan pengusulan gelar itu, tengah menyiapkan tim khusus untuk menyiapkan naskah akademik tentang Ratu Kalinyamat.

Tim khusus tersebut berisi para pakar yang berasal dari perguruan tinggi negeri. Serta pakar lain yang mempunyai referensi tentang Ratu Kalinyamat.

Pembina Yayasan DBL, Lestari Moerdijat mengatakan, naskah akademik ini sangat penting. Karena akan menjadi dasar untuk melengkapi adminsitrasi. Yang terdiri dari daftar riwayat hidup, uraian perjuangan, rekomendasi dari bupati atau gubernur dan biografi Ratu Kalinyamat.

”Naskah akademik ini disusun dengan melibatkan para penulis dan peneliti dari Undip, UGM, UIN Sunan Kalijaga dan dari Universitas Indonesia (UI),” kata Mbak Rerie, panggilan akrab Lestari Moerdijat.

Selain itu menurut dia, nasakah akademik juga akan dilengkapi pakar pertahanan dari Universitas Pertahanan dan peneliti dari Pusat Arkeologi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Masyarakat Jepara dari berbagai kalangan juga memberikan banyak data tambahan dalam melengkapi Naskah Akademik agar lebih berbobot secara ilmiah dan faktual,” ujarnya.

Naskah akademik ini nantinya sebelum diajukan, akan dibahas secara terbuka melalui forum diskusi baik di tingkat lokal di Jepara maupun di Jakarta dalam waktu dekat.

Sebelumnya, Ketua Tim Yayasan DBL, Edi Hidayat menyebutkan, sebenarnya dari proses usulan pertama pada 2007 dan usulan kedua tahun 2009, syarat yang disampaikan hanya kurang sedikit saja.

Dari informasi yang ada, hanya kurang dalam hal pembuktian mengenai keberadaan Ratu Kalinyamat dan kapan dia berperang melawan Portugis.

Baca juga : 

Sehingga pada pengajuan usulan yang saat ini kembali dirintis, tinggal dilengkapi saja. Tim Yayasan DBL sendiri dalam hal ini sudah mendapatkan beberapa bukti literatur mengenai eksistensi Ratu Kalinyamat.

Dari perpustakaan di Portugal, ada 6 buku yang menyebutkan kiprah Ratu Kalinyamat pada masanya.

“Pada era saat ini untuk mendapatkan literatur kan sudah bisa dilakukan melalui sistem digital. Buku-buku atau manuskrip yang berkaitan dengan sepak terjang Ratu Kalinyamat bisa didapatkan melalui internet. Jadi tidak harus ke Portugal untuk mendapatkannya,” jelas Edi Hidayat.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Jepara, Agus Tri Harjono menyebut, Pemkab Jepara sangat mendukung langkah ini.

Pengusulan gelar pahlawan menurutnya tidak mudah dilakukan. Sehingga harus benar-benar disiapkan dengan benar-benar matang.

“Disdikpora Jepara jelas sangat mendukung upaya ini. Karena itu kami meminta agar pengusulan ini bisa dilakukan dengan matang, dan tidak tergesa-gesa. Jangan sampai pengusulan ini kembali ditolak,” tegasnya.

 

Editor: Ali Muntoha

  1. Maol Kannabi berkata

    Penambahan data faktual ttg Ratu Kalinyamat kepada siapa?
    Barangkali ad kontak yg bisa dihubungi…?

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.