Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Istighosah Kebangsaan dan Penyuluhan Hukum LPBHNU Kudus

Selain Istighosah, Warga Nahdiyin Juga Melakukan Ikrar Kebangsaan 

MURIANEWS.com, Kudus – Selain acara istighosah kebangsaan yang dihelat di Alun-alun simpang tujuh Kudus, Minggu (7/4/2019) para hadirin juga diajak untuk mengucapkan ikrar kebangsaan. Hal itu untuk menjaga agar Indonesia tetap damai. Apalagi, saat ini banyak kelompok ekstrimis yang mencoba merusak tatanan kebangsaan.

Panitia Istighosah Kebangsaan Ahmadun mengatakan, ikrar kebangsaan adalah sebagai wujud kecintaan warga kepada negaranya. Untuk itu,  ada tiga hal yang diikrarkan dalam istighosah kebangsaan tersebut.

Pertama siap menjunjung tinggi ukhuwah islamiyah (solidaritas Islam), ukhuwah watoniyah (solidaritas kebangsaan), dan ukhuwah basyariyah (solidaritas kemanusiaan) demi tercapainya kedamaian sejati dalam bingkai kehidupan berbangsa Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Yang kedua siap memerangi hoaks, fitnah, dan ujaran kebencian demi terjaganya ketentraman masyarakat dari perselisihan dan persaingan,” imbuhnya.

Kemudian yang ketiga, siap memberikan hak suara dalam pileg dan pilpres 2019 serta menjaga pelaksaanaanya demi terwujudnya pemilu yang tertib, aman dan damai.

Sebelum ikrar itu diucapkan, para hadirin terlebih dahulu mengucapkan kalimat syahadat. Kemudian secara bersama mngucapkan kata-kata ikrar.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...