Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kemenpar Bimbing Pelaku Wisata Kuliner di Pati

MURIANEWS.com, Pati – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) berusaha untuk terus mempertahankan keberadaan kuliner khas di berbagai daerah, salah satunya di Kabupaten Pati. Mengingat, ada banyak kuliner khas daerah yang saat ini mulai hilang keberadaannya.

Oleh karenya, Sabtu (6/4/2019) Kemenpar memberi bimbingan kepada para pengusaha kuliner di Kabupaten Pati.

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Regional II pada Kemenpar RI Burhanuddin mengatakan, pembekalan kepada para pelaku usaha kuliner ini sangat penting.

“Kalau di Pati ini mempunyai makanan khas, oleh-oleh khas, tentunya itu akan diincar oleh wisatawan. Karena itu, kita perlu mengembangkan wisata kuliner ini menjadi destinasi yang positif dan memberikan nilai tambah,” katanya.

Dia juga mengatakan, orang luar daerah yang datang ke Pati, pertama kali yang akan dicari adalah makanan khasnya. Kemudian periwisata yang ada di daerah tersebut. Karena itulah, wisata kuliner ini bisa dikatakan sepaket dengan pariwisata pada umumnya.

“Karena sepaket, maka keduanya harus dikembangkan. Pelaku usaha kuliner harus mampu bekerja sama dengan obyek wisata di masing-masing daerah, terlebih bagi kuliner khas,” ujarnya.

Menurutnya, banyak wisatawan asing yang datang ke Indonesia, justru mereka lebih memilih mencicipi makanan terlebih dahulu. Setelah itu, baru mengunjungi obyek wisatanya.

“Inilah sebenarnya kesempatan yang bisa diambil oleh pelaku usaha kuliner. Pintar-pintar membaca peluang inilah yang kuta butuhkan,” terangnya.

Dirinya berharap agar para pelaku usaha kuliner di Kabupaten Pati dapat terus mengembangkan usahanya tersebut. Selain itu juga harus bisa bekerja sama dengan obyek wisata, agar kuliner juga semakin dikenal.

 

Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...