Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Keren! Stempel Kuno Berlapis Emas Ditemukan di Banjarejo Grobogan

MURIANEWS.com, GroboganPenemuan benda bersejarah kembali terjadi di Desa Banjarejo, Kecamatan Gabus. Kali ini, benda yang ditemukan dinilai sangat fenomenal. Yakni, sebuah benda kecil berlapis emas yang diduga merupakan sebuah stempel.

Benda yang ditemukan ini ukurannya tidak terlalu besar dan beratnya sekitar 8 gram. Panjang dan tingginya sekitar 2 centimeter.

Pada bagian atas berbentuk persegi empat dan di dalamnya ada pahatan kotak-kotak kecil berjumlah 16. Tepat ditengahnya terdapat satu kotak yang ukurannya agak besar.

Semula benda temuan ini dikira sebuah cincin karena ada lubang kecil seukuran pensil. Kemudian disamping lubang ini terdapat motif ukiran yang cukup indah.

“Sepintas benda ini memang mirip cincin seukuran anak kecil. Tetapi, benda itu diduga merupakan sebuah stempel kuno,” ungkap Kepala Desa Banjarejo Ahmad Taufik, Jumat (5/4/2019).

Tim peneliti dari Balai Arkeologi (Balar) Yogyakarta sedang melakukan kajian terhadap penemuan stempel kuno berlapis emas di Desa Banjarejo, Kecamatan Gabus. (MURIANEWS.com/Dani Agus)

Menurut Taufik, dugaan benda tersebut merupakan stempel berdasarkan tim dari Balai Arkeologi (Balar) Yogyakarta yang sudah sejak dua pekan lalu melakukan penelitian di Banjarejo. Meski demikian, stempel itu diperkirakan bukan milik seorang raja, tetapi penguasa di level bawahnya.

“Kalau diibaratkan sekarang, itu mungkin stempel bupati, camat atau kepala desa. Diperkirakan stempel itu peninggalan abad 14-15. Tapi ini baru dugaan awal dan tim dari Balar masih melakukan kajian,” jelasnya.

Taufik mengungkapkan, stempel itu ditemukan oleh Sutrisno (35), warga Dusun Medang di areal persawahan pada Rabu (3/4/2019). Pada saat itu, ia kebetulan sedang ke luar kota. Selanjutnya, benda temuan itu baru diserahkan Kamis sore, setelah ia kembali dari luar kota.

“Lokasi penemuan stempel ini ada di dekat tempat ditemukannya fondasi batu bata kuno. Di daerah situ, sebelumnya sudah sering ditemukan barang-barang yang terbuat dari emas,” katanya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...