Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

1.125 Buruh Gentong Gotri Terima Pesangon 25 Persen

MURIANEWS.com, Kudus – Buruh rokok Gentong Gotri yang di PHK mengantre untuk mendapatkan pesangon di Gedung Lingkungan Industri Kecil Industri Hasil Tembakau (LIK-IHT), Jumat (5/4/2019).

Pembagian pesangon rencananya diberikan kepada sekitar 1.125 pekerja harian borong dan 25 pekerja bulanan. Hanya untuk hari ini, pembagian pesangon diberikan kepada para pekerja harian borong saja. Mereka sepakat menerima upah pesangon yang diberikan perusahaan sebanyak 25 persen.

“Sementara yang pekerja harian borong, yang bulanan akan disusulkan,” kata Daru Handoyo selaku kuasa hukum para buruh.

Perusahaan rokok Gentong Gotri diketahui mempunyai tanggungan pembayaran pesangon pada pekerjanya sebesar Rp 431,027 miliar. Hanya, sesuai kesepakatan akan dibayar 25 persen saja atau sebanyak Rp 10,33 miliar. Jumlah tersebutlah yang akan dibagikan pada para pekerja.

“Hanya pembayarannya bertahap, yakni 24 bulan,” jelasnya.

Para buruh PR Gentong Gotri saling berdesakan saat mengambil pesangon, Jumat (5/4/2019). (MURIANEWS.com/Anggara Jiwandhana)

Penerimaan buruh akan didasari pada lamanya mereka bekerja di Gentong Gotri. Jumlah masa kerja akan dikalikan dengan Upah Minimum Kabupaten yang berlaku saat itu. Yakni UMK 2017 sebesar Rp 1.74 juta.

“Jadi tiap pekerja akan menerima pesangon yang berbeda,” jelasnya.

Para pekerja yang diwakili Daru mengharapkan konsistensi dari pihak perusahaan terkait pembayaran pesangon. Mengingat para pekerja sudah tidak mempermasalahkan pesangon yang dibayar tidak penuh tersebut.

“Gugatan PHI juga tidak jadi dilakukan,” tandasnya.

Sementara Parmi, salah satu pekerja mengatakan sedikit terbantu dengan adanya pembayaran pesangon tersebut. Sekalipun tak banyak, pihaknya berharap pembayaran pesangon bisa dilaksanakan secara konsisten.

“Karena untuk kebutuhan sehari-hari,” tadas wanita parug baya yang telah bekerja pada PR Gentong Gotri selama 20 tahun terseut.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, para pekerja Gentong Gotri yang telah di PHK menemui persimpangan pilihan. Mengajukan gugatan PHI atau menerima uang pesangon yang hanya berjumlah 25 persen dari total keseluruhan.

Untung rugi telah dipertimbangkan mereka secara matang. Pada akhirnya mereka memilih untuk menerima uang pesangon tersebut. Sekalipun dilunasi dengan waktu yang cukup lama, para pekerja sudah tak mempermasalahkannya. Mengingat itikad baik perusahaan telah ditunjukkan dengan cara pembayaran pesangon.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...