Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pengembangan Situs Patiayam Diminta Libatkan Masyarakat Sekitar

MURIANEWS.com, Kudus – Proses pengembangan situs purbakala Patiayam diharapkan melibatkan masyarakat sekitar lokasi. Jika tidak, istilah budak di negeri sendiri bisa saja terjadi pada masyarakat di sekitar situs yang mempunyai luas wilayah 58 kilometer persegi tersebut.

Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Parwisata Rahmah Haryanti melalui Kasie Sejarah, Musium, dan Kepurbakalaan Lilik Ngesti mengatakan, pengawasan serta pembinaan masyarakat sekitar Patiayam sangat dibutuhkan. Ini lantaran potensi yang ada di kawasan tersebut sangatlah besar. Terutama terkait fosil-fosil purbakala yang bisa saja ditemukan setiap saat.

“Butuh komitmen dan konsistensi bersama dalam membangun Patiayam. Masyarakat juga harus dilibatkan,” ujarnya

Pengawasan dan pembinaan yang konsisten diharapkan bisa membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga dan melestarikan situs purbakala tersebut. Dengan begitu, tidak ada potensi yang terlewatkan.

“Dengan begitu masyarakat sekitar bisa menjadi tuan di tanahnya sendiri. Masyarakat harus mendapat manfaatnya,” ujarnya.

Terkait langkah lanjutan, pihaknya tengah mempersiapkan rintisan tim ahli cagar budaya. Dengan harapan, pengembangan dan pembinaan bisa dilakukan secara berdampingan. Tujuannya utamanya adalah turut serta membantu melestarikan situs purbakala tersebut. Bukan hanya sesaat, melainkan secara jangka panjang.

“Kita melihat jangka panjangnya, bukan keuntungan sesaat,” jelasnya.

Hinga kini, 101 fosil telah ditemukan dan disimpan di situs yang menurut cerita lebih tua dari Sangiran tersebut. Ke-101 fosil berasal dari 10 hewan bertulang belakang purba. Luas situs juga telah bertambah dari tahun ke tahun. Yang sebelumnya 20 kilometer persegi, sekarang menjadi sekitar 58 kilometer persegi,

“Ada peningkatan dari tahun ke tahun,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...