Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

UMK Kirim 20 Mahasiswa Jadi Operator Situng di KPU Kudus

MURIANEWS.com, Kudus – Universitas Muria Kudus melakukan pendandatanganan nota kesepatan kerja sama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kudus di Aula, Jumat (5/4/2019). Hal ini dalam rangka penugasan mahasiswa UMK sebagai operator sistem informasi perhitungan suara (situng) Pemilu 2019 di KPU Kudus. Rencananya ada 20 mahasiswa dari UMK diperbantukan jadi operator situng.

Rektor UMK Suparnyo menjelaskan, kerjasama ini dalam rangka menyukseskan pemilu 2019. Maka dari itu, pihaknya telah menyiapkan mahasiswanya untuk ikut menjadi operator situng.

“Ini yang bisa biasanya IT. Program bidang studi informasika teknologi. Ada sebanyak 20 mahasiswa,” katanya.

Ia mengatakan, dengan keikutsertaan mahasiswa ini diharapkan dapat membantu KPU. Terutama dalam pelaksanaan perhitungan suara pada pemilu 2019 mendatang.

“Kami bangga apresiasi kepada KPU. Harapanya ilmu komputer internet bisa diaplikasi membantu KPU dalam Situng ini,” jepasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kudus Naily Syarifah mengucapkan terimakasih kepada UMK. Terutama dalam hal tenaga SDM yang diterjunkan untuk membantu KPU.

“Mereka nantinya akan mendapatkan workshop terlebih dahulu,” ujarnya.

Lebih lanjut, secara teknis para mahasiswa ini nantinya akan membantu memasukan (input) data hasil C1 ke aplikasi perhitungan Situng. Dengan begitu, masyarakat bisa update perolehan suara secara cepat.

“Jadi masyarakat bisa langsung melihat hasilnya di sana. Namun tetap hasil akhirnya pada direkapitulasi yang dilakukan oleh KPU,” tandasnya.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...