Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

FLS2N Jepara Juga Gelar Lomba Pantomim

0 257

MURIANEWS.com, Jepara – Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), tingkat Kabupaten Jepara digelar Kamis (4/4/2019) di Gedung Sosrokartono, Kantor Setda Jepara. Salah satu lomba yang cukup menarik perhatian adalah lomba pantomim.

Pantomim merupakan salah satu seni peran yang sudah lama dikenal di Indonesia. Meski sempat redup, kini pantomim mulai kembali mendapatkan perhatian. Di Jepara kesenian ini mulai dikenalkan kembali di sekolah-sekolah.

Lomba pantomim yang digelar FLS2N sendiri diperuntukan bagi anak-anak SD se- Kabupaten Jepara. Puluhan siswa dari berbagai sekolah ikut ambil bagian dalam lomba ini. Kesenian ini memang bisa menjadi salah satu media berekspresi para siswa SD untuk menuangkan kreativitasnya.

Ketua tim juri, Kustam Ekajalu menyatakan, dalam lomba kali ini penampilan setiap peserta dibatasi dalam tema ‘Aku dan Alam’ (masalah tentang lingkungan hidup, satwa, limbah dan air), juga tentang tehnologi (gawai, internet dan robot). Para peserta diminta untuk, mengembangkan tema ini sesuai ide, kreativitas dan imajinasinya.

“Pantomim merupakan salah satu bentuk kesenian yang bisa digunakan untuk mengungkapkan ekspersi, menyampaikan inspirasi atau bahkan sebagai penyelesaian masalah. Terpenting, berakar pada budaya bangsa, tidak menyinggung unsur pornografi, agama, ras dan antar golongan,” kata Kustam Ekajalu.

Selain itu, Pantomim menurut Kustam Ekajalu juga bisa menjadi sarana untuk menumbuh kembangkan kepedulian terhadap lingkungan sekitar. Pantomim sendiri sebenarnya mirip dengan dongeng. Hanya saja dalam penyampaiannya dilakukan tanpa suara dan dialog.

Penyampaian ide gagasan atau penggambarannya dilakukan dengan hanya menggunakan gerakan. Gerakan yang unik, lucu dan cerdas, menjadi daya tarik dalam kesenian Pantomim ini.

“Tentunya menarik untuk dicoba kepada siswa. Kesenian seperti ini juga menimbulkan daya tarik, bagi yang melihat dan menikmatinya,” tambahnya lagi.

Dari lomba yang digelar, sesuai dengan hasil penilaian Tim Dewan Juri, Hana Tri Wikrama (SD N 1 Kawak) berhasil menjadi juara. Sedangkan diposisi runner-up diperoleh Muhammad Arga (SD N 1 Bulu Jepara). Sedangkan Erlangga Darojati (SD N Mangunan Tahunan) mendapatkan posisi ke-3. Khusus sang juara juga berhak menjadi wakil Kabupaten Jepara untuk maju dalam lomba FLS2N, tingkat Provinsi Jawa Tengah.

 

Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.