Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Antisipasi Banjir, Tanggul Sungai Tuntang di Ngroto Grobogan Ditinggikan

0 105

MURIANEWS.com, Grobogan – Meski elevasi Sungai Tuntang sudah menurun, namun antisipasi datangnya bencana banjir tetap dilakukan pihak BPBD Grobogan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah memperkuat dan meninggikan tanggul sungai di Desa Ngroto, Kecamatan Gubug.

Tindakan itu dilakukan karena keberadaan tanggul ini sangat vital. Jika tanggul itu sampai jebol maka musibah banjir bisa dipastikan akan meluas.

Pada tahun 2016 lalu, tanggul tersebut sempat jebol dan mengakibatkan banjir parah di wilayah Kecamatan Gubug. Selain Desa Ngroto, banjir juga menjangkau beberapa desa di sekitarnya dan mengakibatkan ratusan rumah terendam hingga beberapa hari.

“Seiring naiknya elevasi tadi pagi, salah satu perhatian utama kita adalah tanggul di Desa Ngroto. Guna mengantisipasi banjir, tanggul kita perkuat dan ditinggikan menggunakan karung yang diisi pasir. Penguatan tanggul dikerjakan gotong royong oleh anggota BPBD, PMI, TNI, Polri, relawan dan warga,” jelas Kepala BPBD Grobogan Endang Sulistyoningsih, Kamis (4/4/2019).

Pihaknya juga meminta dukungan warga untuk memonitor kondisi sungai dan tanggul tersebut. Apabila dirasa membahayakan, warga diminta segera menghubungi perangkat desa, aparat keamanan atau langsung ke BPBD. Untuk tindakan darurat, pihaknya juga sudah menyiapkan banyak karung di Desa Ngroto.

Menurut Endang, kondisi sungai Tuntang hingga sore ini memang masih penuh air. Namun, tingkat elevasinya masih normal, tidak seperti pada pagi harinya yang hampir mendekati ketinggian maksimal.

Meski demikian, pihaknya tetap menaruh perhatian serius. Sebab, bisa jadi, elevasi sungai Tuntang naik lagi jika di daerah hulu turun hujan deras.

“Datangnya bencana alam tidak bisa diprediksi waktunya. Untuk itu, kami sudah instruksikan petugas agar selalu siaga 24 jam penuh. Kami juga berkoordinasi dengan instansi terkait lainnya,” katanya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.