Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Elevasi Naik, 5 Desa di Grobogan Kena Limpasan Air Sungai Tuntang

MURIANEWS.com, GroboganSejumlah desa di wilayah Kecamatan Kedungjati dan Gubug sempat terkena dampak limpasan air akibat naiknya elevasi sungai Tuntang, Kamis (4/4/2019). Bahkan, limpasan air dilaporkan sempat masuk ke sejumlah rumah warga, dengan ketinggian 10-30 centimeter.

Kepala BPBD Grobogan Endang Sulistyoningsih mengungkapkan, dari hasil pendataan di lapangan, sedikitnya ada lima desa yang terdampak akibat naiknya elevasi sungai Tuntang pada pagi tadi. Yakni, Desa Jumo, Deras dan Wates di Kecamatan Kedungjati. Kemudian, Desa Ngroto dan Penadaran di Kecamatan Gubug.

Selain menggenangi sawah, pemakaman dan pekarangan, limpasan air memang sempat masuk ke rumah warga. Totalnya ada sekitar 62 rumah di lima desa tersebut yang sempat kemasukan air sekitar satu jam.

“Tadi pagi, elevasi sungai Tuntang memang sangat tinggi. Yakni, mencapai angka 19,75 meter. Pada kondisi ini, air sungai sebagian memang sudah melimpas ke daerah yang agak rendah. Untuk kondisi siang ini, elevasinya sudah berangsur turun,” jelasnya.

Menurut Endang, dalam beberapa hari terakhir, memang terjadi kenaikan elevasi sejumlah sungai diwilayahnya. Untuk itu, ia meminta masyarakat agar waspada terhadap ancaman banjir.

Meski meminta waspada, Namun Endang meminta masyarakat tidak perlu panik. Soalnya, pihak BPBD dan instansi terkait lainnya terus melakukan monitoring dan sudah menyiapkan langkah-langkah yang diperlukan.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...