Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Duh, Enam Perusahaan di Kudus Bayar Gaji Karyawan di Bawah UMK

MURIANEWS.com, Kudus – Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah Kabupaten Kudus menemukan sebanyak 6 perusahaan yang belum membayar gaji karyawan di bawah Upah Minimum Kabupaten (UMK) 2019. Mereka beralasan perusahaan dalam kondisi sepi.

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah Kabupaten Kudus Bambang Tri Waluyo mengatakan, ada enam perusahaan di Kudus yang belum melaskanakan UMK. Di antaranya dari perusahaan rokok, rumah sakit tipe c, dan klinik.

”Keenam ini juga tidak mengajukan penangguhan pembayaran karena belum lapor,” jelasnya.

Ia mengatakan, ada beberapa faktor yang menyebakan perusahaan ini belum melaksanaan UMK. Pertama karena kondisi perusahaan sedang sepi. Oleh karena itu perusahaan belum membayar gaji sesuai UMK.

”Perusahaan ini belum memungkinkan belum mampu membayar. Hanya saja, perusahaan ini sudah ada kesepakatan karyawan perusahaan,” ujarnya.

Meskipun demikian, pihaknya selalu memberikan motivasi kepada perusahaan. Diharapkan pada bulan April 2019 ini sudah bisa melaksanakan upah pekerja sesuai dengan UMK.

”Namun apabila ada yang belum itu yang memberikan sanksi dari Wasnaker yang ada di Pati. Itu dinasnya dari Provinsi yang berhak memberikan sanksi,” tambahnya.

Diketahui besaran UMK 2019 di Kabupaten Kudus sesuai keputusan Gubernur Jateng nomor 560/68 tahun 2018 tentang Upah Minimum Pada 35 Kabupaten/Kota di Provinsi Jateng tahun 2019 sebesar Rp 2,044 juta. Nilai UMK 2019 ini mengalami kenaikan dibandingkan 2018 yang hanya Rp 1,892 juta.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...