MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Polisi Usut Pengeroyokan Pemuda Berkaus Jokowi, Tim Prabowo Siapkan Advokasi

0 1.001

MURIANEWS.com, Purworejo – Kasus pengeroyokan pemua berkaus Jokowi oleh massa usai kampanye Prabowo-Sandi di Purworejo, Selasa (2/4/2019) kemarin, terus berlanjut. Polisi masih melakukan pengusutan dengan memeriksa sejumlah saksi.

Kapolres Purworejo AKBP Indra Kurniawan menyebut, ada 13 saksi yang diperiksa. Termasuk di antaranya panitia kampanye.

”Kita kirim surat panggilan untuk panitia kampanye. Saksi lain yang ada di lokasi dan korban juga kami periksa,” katanya dikutip dari detik.com, Kamis (4/4/2019).

Sementara untuk pelaku, pihaknya belum memeriksa orang-orang yang diduga sebagai pelaku pengeroyokan. Pelaku pengeroyokan saat itu diiedentifikasi memakai atribut salah astu organisasi kemasyarakatan.

Mereka diketahui habis mengikuti kampanye akbara Prabowo-Sandi yang digelar di Lapangan Kemiri, Kecamatan Kemiri, Purworejo.

Hingga kini, petugas masih terus mendalami kasus tersebut termasuk memeriksa bukti-bukti rekaman video serta barang bukti lain yang ditemukan di lokasi.

“Kita juga periksa barang bukti lain kita kumpul-kumpulkan, rekaman video (HP), CCTV yang ada di sekitar situ lagi kita datakan semuanya. Ada batu juga, tongkat atau kayu kita amankan termasuk kendaraan yang dirusak,” paparnya.

Ia menyebut, dari pemeriksaan awal diketahui jika aksi pengeroyokan itu terpicu dari korban yang memakai kaus bergambar Jokowi. Korban diketahui bernama Yuli Wijaya (28) warga Dukuh Sarangan, Desa Krendetan, Kecamatan Bagelen, Purworejo.

Pihaknya juga menampik kemungkinan motif pengeroyokan karena saling ejek. “Kalau saling ejek nggak mungkin lah, ya sementara kalau kita melihat ya (korban) menggunakan baju itu (kaus bergambar jokowi). Kalau dia (korban) mengganggu tidak mungkin lah,” tambahnya.

Sementara itu, tim Prabowo-Sandi juga tak tutup mata soal kasus ini. Badan Pemenangan Daerah (BPD) Prabowo-Sandi bakal menyiapkan tim advokasi. Namun sebelumnya tim investigasi akan ikut mendalaminya.

Baca: Pemuda Berkaus Jokowi di Purworejo Babak Belur Dikeroyok Usai Kampanye Prabowo-Sandi

Juru bicara BPD Prabowo-Sandi Jateng, Sriyanto Saputro, tim investigasi dari Badan Pemenangan Nasional (BPN) akan datang ke Purworejo. Tim akan mencari kejelasan terkait peristiwa tersebut.

“BPN Pusat akan lakukan investigasi. Kita harus sikapi jernih jangan sampai tambah runyam,” kata Sriyanto.

Saat ini pihaknya mempercayakan proses hukumnya kepada kepolisian. Namun pihak BPN juga ingin mengetahui secara jelas peristiwanya karena jika dibutuhkan akan menyiapkan tim advokasi.

Terkait untuk siapa tim advokasi tersebut disiapkan, Sriyanto mengatakan belum tahu. Karena harus ada kejelasan dari hasil penangana kepolisian dan juga hasil dari tim investigasi.

“Ya belum tahu nanti. Ini kan BPD Purworejo mungkin juga akan dimintai keterangan. Ya semua harus jernih, harus hati-hati,” jelasnya.

Ia berharap peristiwa itu disikapi hati hati dan masyarakat tetap jaga diri karena Pemilu 2019 tinggal menghitung hari. “Jateng yang selama ini tidak ada apa-apa, mari jaga diri, ini tinggal hitungan hari” pungkasnya.

 

Penulis: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha
Sumber: detik.com

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.