Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Para Pemuda Bersihkan Sampah Berserakan di Sepanjang Hutan Guwo Pati

MURIANEWS.com, Pati – Pemerintah Desa bersama Karang Taruna Tunas Karya Desa Guwo Kecamatan Tlogowungu, Pati membersihkan sampah yang berserakan di sepanjang jalan hutan jati Desa Guwo, Rabu (3/4/2019). Tak hanya warga setempat, kegiatab kebersihan lingkungan tersebut juga diikuti oleh Karang Taruna Kecamatan Tlogowungu serta beberapa komunitas yang turut serta dalam kegiatan.

Kepala Desa Guwo Sulhan menjelaskan jika kegiatan tersebut merupakan tahap awal untuk mengembangkan misi kebersihan di tingkat desa. Karena banyak warga dari desa setempat, bahkan dari desa tetangga membuang sampah ke lahan Perhutani tersebut.

“Karang Taruna dan pihak Perhutani kami undang. Tapi solusinya belum maksimal, sehingga kita bergerak terus menerus,” ujar Sulhan.

Lebih dari itu Sulhan mengatakan jika belum ada tempat penampungan sampah. Sehingga banyak warga yang membuang sampah di sepanjang jalan.

“Imbauan terhadap warga sudah sering kami lakukan. Tetapi masyarakat belum peka. Kebanyakan mereka mengemas sampah dari rumah, kemudian ketika lewat, sampah tersebut dibuang di sepanjang jalan ini. Imbauan dari PU, dari masyarakat dan tokoh sudah sangat sering. Seperti tulisan ataupun imbauan langsung. Tetapi masih belum maksimal,” katanya.

Lebih lanjut ia berharap agar kegiatan ini berkelanjutan. Selain itu pihak desa akan mengupayakan pencegahan yang maksimal sehingga tahun 2020 mendatang Desa Guwo terbebas dari sampah.

 

Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...