Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Peternak Ayam Kalkun di Kudus Harapkan Perhatian Pemkab

MURIANEWS.com, Kudus – Komunitas semarak kalkun Kudus mengharap dapat perhatian lebih dari pemerintah daerah Kabupaten Kudus. Apalagi, potensi usaha ternak ayam jenis kalkun di Kudus ini sedang mulai berkembang pesat.

Hal ini diungkapkan oleh Sholikin salah satu perwakilan dari semarak kalkun Kudus (SKK) saat pembiaan pelaku usaha ternak kalkun di Desa Undaan Tengah, Kecamatan Undaan, Rabu(3/4/2019). Menurutnya, perlunya perhatian lebih dari pemkab Kudus untuk meningkatkan usaha ternak kalkun di Kudus.

“Harapan kami ke depan selalu mendapatkan dukungan terus dari pemerintah Kabupaten Kudus dan dari Dinas Pertanian,” ujarnya.

Ia mengatakan, ada beberapa kendala yang dialami para komunitas ayam kalkun ini. Pertama yakni dengan pemasaran. Menurutnya, pihaknya masih kesulitan untuk memasarkan ayam kalkun.

“Dulu pernah mengirim ke Bali namun ketika diajak kontrak kami tidak sanggup. Ini kemudian kami juga harapkan peran pemerintah untuk ikut memasarkan ayam kalkun,” katanya.

Padahal, potensi ayam kalkun di Kudus terbilang perkembang pesat. Bahkan di Kudus sudah ada ratusan ternak kalkun.

“Untuk ayam kalkun yang sudah bisa dikonsumsi dan laku itu diusia 6-7 bulan. Itu biasanya harganya Rp 200 ribuan. Sedangkan untuk yang bibit itu harganya Rp 25-30 ribu,” terangnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus Catur Sulistyanto mengatakan, di Kudus terutama di Undaan Tengah memang terdapat potensi ternak Kalkun. Untuk itu kedepannya, pemkab akan mendorong untuk pembuatan kampung kalkun di Kudus.

“Kami juga berupaya untuk  kalkun dibuatkan kampung Kalkun. Biar jelas. Misalnya ada orang luar mencari kalkun, bisa langsung ke Undaan tengah. Kami akan mendorong pemerintah seperti itu,” ujarnya.

Sementara itu, Prof Dwi Sunarti Dosen Fakultas Peternakan Undip Semarang mengatakan, di Kudus memiliki potensi untuk bertenak ayam kalkun. Menurutnya, warga di Kudus memiliki semangat yang luar biasa. Untuk itu, peran pemerintah harus ikut berperan aktif.

“Untuk ternak ayam kalkun jarang ya. Salah satunya di Kudus ini. Kalau ditempat lain ya di Jogja, Rembang, Salatiga, dan di Magelang,” jelasnya.

Ditambahkan dia, daging ayam kalkun ini memiliki kandungan yang berbeda. Jika dibandingan degan ayam biasanya. Terutama pada kandungan lemak.

“Lemak jahatnya rendah. Lemak hampir sama dengan ayam biasa. Tapi lemak jahatnya itu rendah,” tambahnya.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...