Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Jelang Pemilu, Disdukcapil Kudus Buka Layanan Khusus di Hari Libur

MURIANEWS.com, Kudus – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) kembali melakukan trobosan menjelang pemilu 2019. Kali ini, mereka membuka pelayanan khusus di hari libur nasional ataupun hari libur Sabtu-Minggu.

“Jadi, sekalipun tanggal merah, hari ini kami tetap buka. Silahkan masyarakat yang ingin membuat atau melakukan perekaman datang ke kantor,” kata Plt Disdukcapil Kudus, Ahmad Sofyan, Rabu (3/4/2019).

Hanya, lanjutnya, untuk jam operasional pelayanan tak dilakukan seperti jam kerja. Petugas piket akan melakukan pelayanan dimulai pukul 08.00 WIB hingga 14.00 WIB.

”Tapi pada tanggal 16 April besok, pelayanan akan dibuka selama 24 jam non stop,” jelasnya.

Dengan adanya penambahan jam ini, ia berharap arget perekaman bisa terpenuhi. Apalagi masih ada 1.836 warga Kudus wajib E-KTP yang belum lakukan perekaman.

“Penambahan pelayanan perekaman diharapkan bisa mencakup jumlah tersebut,” ujarnya.

Untuk itu, selain penambahan jam operasional pelayanan, pihaknya juga akan memaksimalkan pelayanan jemput bola ke desa-desa. Para lansia, orang sakit, atau yang tidak punya waktu ke kantor Dukcapil akan menjadi sasaran utama.

“Semua demi memenuhi hak-hak konstitusional warga negara,” tandasnya.

Sementara Atiqoh, salah satu warga Kecamatan Kota mengaku sangat terbantu dengan penambahan jam pelayanan. Terlepas dari pemenuhan hak konstitusional, Atiqoh membutuhkan E-KTP secepatnya, mengingat E-KTP nya akan ia gunakan untuk melamar kerja.

“Saya baru sempat lakukan perekaman,” ujar wanita berumur 24 tahun tersebut.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...