Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Peringatan Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW H

Cak Nun: Akhlak Manusia Sangat Penting Ketimbang Ekonomi Ataupun Politik

MURIANEWS.com, Kudus – Budayawan Emha Ainnun Najib atau yang dikenal dengan sapaan Cak Nun meminta masyarakat di Kudus untuk mendidik anaknya. Mereka harus memiliki akhlak dan akidah yang benar.

“Jadi yang pertama yang kamu lakukan adalah anak akhlaknya kudu apik. Kaidahe bener. Mentalnya tangguh. Ora kudu pinter,” katanya saat mengisi sinau bareng Cak Nun dan Kiai Kanjeng di Masjid Taqwa Dusun Ngemplak Desa Gondosari, Kecamatan Gebog, Selasa (2/4/2019) malam.

Ia mengatakan, jangan sampai akhlak manusia yang masih bisa ditekuk-tekuk oleh partai politik. Terpenting selalu teguh kepada Allah.

“Yang penting adalah anda semuanya ini hamba Allah. Ibarate gethuk dan kripik. Nek isa kowe kabeh aja dadi kripik-kripik banget. Ya aja dadi gethuk-gethuk banget. Jaga akidahmu. Tiru kanjeng nabimu. Dan pohonmu ini kehidupanmu. Jangan kehilangan nikmat kehidupan,” ujarnya.

Cak Nun mengibaratkan cerita tentang Nabi Muhammad SAW. Misalnya, ketika Abu Jahal melawan Nabi Muhammad habis-habisan. Bagaimana Abu Jahal akan menguasai Ka’bah. Karena, kata Cak Nun, Ka’bah memiliki aset ekonomi yang luar biasa.

“Kalau ini sampai miliknya Muhammad, uangnya masuk ke Muhammad. Tapi apa yang dilakukan Rasulullah? Rasulullah itu tidak ngerti politik. Tidak tahu ekonomi. Yang Rasulullah pikir hanya bagaimana memperbaiki manusianya,” katanya.

Oleh karena itu, Cak Nun mengajak seluruh jamaah untuk memperbaiki akhlak. Dan itu dimulai dari anak-anak dan keluarga.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...