Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Peringatan Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW 1440 H

Cak Nun: Ikhlas Berkorban Akan Dapatkan Rejeki Banyak dari Allah

MURIANEWS.com, Kudus – Cak Nun mengajak masyarakat hadiri yang datang dalam sinau bareng di Masjid Taqwa Dusun Ngemplak Desa Gondosari, Kecamatan Gebog, Selasa (2/4/2019) malam untuk ikhlas berkorban.

Pasalnya, di zaman sekarang banyak orang yang tak mau berkorban. Maunya hanya mencari keuntungan saja. “Namun orang sak iki (sekarang) ndak mau berkorban. Maunya cari untung saja,” katanya.

Padahal, apabila seorang berkeinginan untuk mendapatkan sesuatu yang lebih tinggi, maka seorang itu harus berkorban terlebih dahulu. Cak Nun mengingatkan peribahasa Jawa yakni “Jer Basuki Mawa Bea”.

“Jadi sesuatu itu harus ada pengorbanan. Untuk mendapatkan hasil yang lebih besar, pengorbanannya juga pasti lebih besar,” lanjutnya.

Cak Nun mencontohkan suatu kisah Nabi Ibrahim. Pada zaman dahulu, Nabi Ibrahim disuruh untuk membunuh seorang anaknya sendiri. Padahal seorang anak, adalah seorang yang disayangi.

“Apakah bagi Ibrahim ada yang lebih tinggi dibanding Ismail? Kowe nek nduwe anak, larang ndi bayi karo omahmu? Tuhan itu nguji sejak awal. Buang sing kowe tresna banget. Nabi ibrahim gelem ora? Ismail piye?” ceritanya.

Lebih lanjut, ia mengibaratkan seorang Bupati atau seorang Kapolres tak jarang mendapatkan ujian. Misalnya Bupati mendapatkan ujian berbenturan dengan suatu hal, maka ia harus mengorbankan sesuatu yang disayangi, dihargai.

Nek dikon Allah piye, gelem ora? Faktane, anake Ibrahim kae sida disembelih ora? Ora to? Malah entuk wedhus. Dadi kowe nek korban, nek bangkrut, hartamu kabeh mesti didol. Tapi begitu kita ikhlas, Allah akan memberikan rejeki yang banyak. Namun apabila kamu tidak mau berkorban, kamu tidak akan mendapatkan limpahan dari Allah,” ungkapnya.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi, Deka Hendratmanto

Comments
Loading...