Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

GEGER! Makam Tua Muncul di Belakang Masjid Agung Baitul Makmur Purwodadi

0 2.766

MURIANEWS.com, Grobogan – Munculnya sejumlah makam tua di belakang Masjid Agung Baitul Makmur Purwodadi saat ini sedang ramai dibicarakan banyak pihak. Makam ini muncul saat dilakukan bersih-bersih di belakang masjid, sejak beberapa hari lalu.

Saat melakukan aktivitasnya, cangkul yang digunakan sempat terantuk benda keras. Setelah digali hingga satu meter, ternyata ketemu batu nisan dan juga kijing yang lokasinya terpencar.

Jumlah makam yang ditemukan di belakang masjid di sebelah timur alun-alun Purwodadi itu ada enam. Dua makam letaknya berdampingan dengan nisan batu yang ada ukuran bunga. Kemudian, satu makam dengan nisan batu berbentuk seperti gada.

Selanjutnya, ada makam yang diatasnya ditempatkan sebuah kijing dan terdapat tulisannya. Yang pertama, kijing bertuliskan RB Prawiro Widjojo, lahir th 1800 (M), Wafat th 1861 (M). Kemudian, kijing yang kedua bertuliskan R Ng Tjondrodipuro, kapugar tahun 1978.

Satu kijing lagi yang ada di sebelah timur tidak ada tulisannya sama sekali. Kijing ini, bentuknya tidak seperti yang lainnya karena sepintas mirip batu yang dipahat.

Salah satu takmir masjid Fathoni menyatakan, areal di belakang masjid dulunya memang merupakan pemakaman. Selain masyarakat umum, ada sejumlah bangsawan dan tokoh penting yang dikabarkan ikut dimakamkan di lokasi tersebut.

Seiring perjalanan waktu, banyak makam yang hilang karena tertimbun tanah. Selain itu, sejak puluhan tahun terakhir, makam itu juga sudah jarang diziarahi ahli kubur yang dikebumikan disitu. Ditambah lagi, areal itu juga sudah lama tidak dipakai untuk pemakaman.

“Cerita orang tua, lahan dibelakang masjid sudah sempat dipakai makam sejak ratusan tahun lalu. Dulu memang ada banyak sekali makamnya. Tapi setelah ada banjir dan sebagian besar tanda makam hilang tertimbun tanah dan hanya beberapa saja yang masih kelihatan,” jelas pria yang rumahnya persis di sebelah selatan masjid itu.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.