Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Surat Suara Pemilu di Jepara Masih Kurang, KPU Tunggu Pasokan

MURIANEWS.com, Jepara – Pemilu 2019 menyisakan belasan hari untuk dilaksanakan. Di Kabupaten Jepara, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jepara, masih menunggu tambahan surat suara yang akan digunakan. Tanggal 5 April ini, kekurangan surat suara dijanjikan akan segera dikirim KPU Pusat.

Ketua KPU Jepara, Subchan Zuhrie menyatakan, dari semua kiriman surat suara yang dikirimkan oleh KPU Pusat, saat ini sudah selesai disortir. Hasilnya masih ada beberapa kekurangan jumlah dari yang dibutuhkan. Jumlah kekurangan itu sudah dilaporkan ke KPU Pusat, dan akan segera dikirimkan kekurangannya.

Dari hasil penyortiran yang sudah dilakukan, semua jenis surat suara yang akan digunakan masih mengalami kekurangan jumlahnya. Untuk tiap surat suara, KPU Jepara membutuhkan 895.375 surat suara. Jumlah tersebut sudah termasuk dengan cadangan surat suara sebanyak 2 persen dari jumlah pemilih yang ada di Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Kami sudah laporkan kekurangan ini ke KPU Pusat melalui KPU Propinsi. Nanti tanggal 5 April kekurangan tersebut direncanakan sudah akan tiba di Jepara,” jelas Subchan Zuhrie, Selasa (2/4/2019).

Kekurangan surat suara tersebut rinciannya adalah untuk Surat Suara Pemilihan Presiden-Wakil Presiden sebanyak 47.150 lembar. Kemudian Surat Suara DPD (2.918), DPR RI (8.715), DPRD Provinsi (9.405). Sedangkan untu surat suara DPRD Kabupaten Jepara, kekurangannya total berjumlah  29.323 lembar.

Khusus untuk surat suara DPRD kabupaten, rinciannya meliputi Dapil Jepara I (10.109), Dapil Jepara II (5.251), Dapil Jepara III (3.058), Dapil Jepara IV (6.245) dan Dapil Jepara V (4.660). Surat suara yang sudah disortir dan lipat, dan dinyatakan siap digunakan, saat ini sudah dipacking dan mulai dimasukan ke dalam kotak suara, untuk segera dikirim.

“Yang sudah dinyatakan baik kondisinya dan siap dipakai sudah kami packing untuk segera didistribusikan. Tinggal nunggu kiriman kekurangan yang sudah kami ajukan,” tambah Subchan Zuhrie.

Rencana pendistribusian surat suara dan logistic Pemilu 2019, sudah dibuat oleh KPU Jepara. Rencananya, pada hari H-3 pencoblosan surat suara yang sudah akan dikirim ke masing-masing Kecamatan. Kemudian pada hari H-2, surat suara sudah harus berada di masing-masing desa. Lalu pada hari H-1, surat suara dan logistic Pemilu sudah harus berada di masing-masing TPS.

 

Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...