Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Enam Ruas Jalan di Kudus Segera Beralih Status

MURIANEWS.com, Kudus – Enam ruas jalan di Kabupaten Kudus saat ini tengah diupayakan untuk beralih status kewenangan pengelolaannya. Peralihan tersebut dimaksudkan supaya pengelolaan bisa maksimal. Terutama terkait masalah jalan rusak.

Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Kudus Heru Subiyantoko mengatakan, enam ruas jalan tersebut terdiri dari jalan nasional, empat jalan provinsi dan satu jalan kabupaten.

”Untuk jalan nasional dan empat jalan provinsi kami usahakan untuk bisa diambil alih. Sementara satu jalan kabupaten yang lain, kita minta untuk bisa dikelola provinsi,” katanya.

Rencana permohonan perubahan status jalan tersebut, lanjutnya, merupakan tindak lanjut dari rapat koordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Cipta Karya Provinsi Jawa Tengah, awal Maret 2019 lalu.

“Perlahan kita lakukan langkah lanjutan,” jelasnya Senin, (1/4/2019).

Sementara Bupati Kudus HM Tamzil menegaskan, tukar status jalan sangat dimungkinkan terjadi di Kabupaten Kudus. Mengingat beberapa ruas jalan kurang cocok statusnya. Beberapa jalan dalam kota yang tak lebih panjang dari jalan lingkar Kabupaten pengelolaannya memang diserahkan provinsi.

“Dari segi perawatan, jika dialih statuskan jauh lebih fleksibel dan cepat penanganannya,” jelasnya.

Ia menambahkan, pengalihan status jalan  juga diharapkan mepermudah pengawasan serta pengelolaan.

“Perawatan dan penanganannya kami harapkan juga lebih cepat jika terjadi kerusakan,” tandasnya.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...