Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Jelang Pemilu, Dispendukcapil Kebut Perekaman E-KTP

0 57

MURIANEWS.com, Pati – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Pati akan memaksimalkan upaya jemput bola bagi warga yang belum melakukan rekaman kartu tanda pendudukuk elektronik (E-KTP). Pasalnya, pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) serentak 2019 sudah semakin dekat.

Selain itu, mempertimbangkan pula adanya putusan Mahkamah Kontitusi (MK) Nomor  20/PUU-X-VII/2019 yang mengizinkan penggunaan surat keterangan (suket) perekaman E-KTP sebagai syarat untuk mencoblos.

“Kami sudah bekerja sama dengengan pihak penyelenggara pemilu, baik KPU maupun Bawaslu dalam melakukan perekaman ini. Adapun pasca putusan MK tersebut, kami juga siap membuka layanan kepada masyarakat yang belum melakukan rekaman,” kata Kepala Dispendukcapil Pati Rubiyono, Selasa (2/4/2019).

Dia melanjutkan, bagi warga yang belum punya E-KTP, tapi sudah direkam maka akan diberikan suket dari dipendukcapil. Suket tersebut, nantinya bisa digunakan untuk menggunakan hak pilih apabila memenuhi syarat sesuai undang-undang.

Rubi juga mengklaim bahwa Dispendukcapil sampai saat ini sudah merampungkan sebanyak 98,88 persen perekaman di Pati. Capaian tersebut lebih besar dibandingkan capaian secara nasional yang baru 98,22 persen.

“Yang belum melakukan perekaman, paling banyak ada di Kecamatan Sukolilo, Winong dan Kayen. Rata-rata lantaran mereka merantau di luar daerah maupun di luar negeri,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua KPU Pati Imbang Setiawan menyampaikan bahwa hingga saat ini pihaknya juga masih menunggu petunjuk resmi dari KPU RI terkait keputusan MK yang memberikan kesempatan kepada pemegang suket untuk menggunakan hak pilihnya.

“Sebelum adanya petunjuk resmi dari KPU RI, kita tentunya masih belum bisa mengambil langkah apapaun. Kita tunggu saja, mungkin dalam waktu dekat sudah ada petunjuk tentang itu,” tandasnya.

 

Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.