Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Geram Penumpang Diserobot, Angkot Pati Hadang Bus AKAP

MURIANEWS.com, Pati – Banyaknya bus antarkota antarprovinsi (AKAP) yang melintas di tengah kota Pati pada siang hari, membuat para sopir angkutan kota (angkot) geram. Pasalnya, bus AKAP itu dianggap telah menyerobot penumpang angkot.

Padahal, sesuai dengan peraturan yang sudah ditetapkan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pati, bus AKAP tidak boleh melintas di kota mulai pukul 06.00 hingga 16.00 WIB. Namun, mereka tetap tak mengindahkan peraturan tersebut.

Tak ayal, para sopir angkot pun kemudian langsung melakukan aksi menghadang bus, tepat di Pertigaan Gemeces Pati. Hal itu merupakan aksi protes yang dilakukan para sopir angkot.

Salah satu sopir angkot, Aris Prasetya mengaku geram dengan AKAP yang tidak menaati peraturan. Selama pagi hingga sore hari itu, bus AKAP diminta untuk melewati Jalan Lingkar Selatan (JLS) Pati, tetapi hanya sedikit yang lewat jalur tersebut.

Bahkan pemasukan angkot yang diberikan kewenangan untuk memaksimalkan jalur kota, yakni dimulai dari Pertigaan Sokokulon, tepatnya di pertigaan menuju JLS dan Pati kota, sampai ke Kecamatan Juwana, saat ini mengalami penurunan penghasilan.

“Kebanyakan mereka malah tetap melintas di jalur kota. Ini kan tidak boleh dan mematikan penghasilan kami,” katanya, Selasa (2/4/2019).

Dia juga mengaku akan terus memantau di lapangan dan memastikan agar bus AKAP tidak lagi menggunakan jalur yang bukan peruntukannya.

Dirinya juga mengaku, aksi penghadangan bus AKAP itu sudah berkali-kali dilakukan oleh sopir angkot. Namun, mereka tetap melanggar aturan.

“Kami harap pihak Dishub Pati bisa melakukan penertiban dan melakukan koordinasi dengan Satlantas Polres Pati untuk menyelesaikan persoalan tersebut,” harapnya.

Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...