Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kurang Sosialisasi, Warga Binaan Rutan Kudus Ngeluh Tak Tahu Figur dan Visi Misi Caleg DPRD

MURIANEWS.com, Kudus – Warga binaan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas 2B Kudus keluhkan minim sosialisasi para calon DPR, DPRD, hingga DPD. Pasalnya, selama di rutan mereka minim mendapatkan akses informasi para caleg.

Hal ini seperti yang dirasakan Suroyo salah satu warga binaan Rutan Kelas IIB Kudus. Menurutnya, karena minim informasi ia tidak mengetahui para calon wakil rakyatnya.

“Kalau pengumuman DPRD masih kurang. Ini juga dirasakan teman-teman di sini. Kalau presiden sudah tahu kami,” ujarnya, Senin (1/4/2019).

Ia mengatakan, selama ini sosialisasi yang diterima lebih pada pelaksanaan pemilu, seperti tolak isu hoaks. Namun sosialisasi calon legislatif ataupun visi-misi presiden masih kurang.

“Kalau ada sosialisasi ini calonnya, bagaimana sepak terjangnya mungkin akan lebih bermanfaat. Sehingga kami ini bisa memilih sesuai dengan hati nurani,” ujarnya.

Senada juga diungkapkan Akhlis salah satu warga binaan di Rutan Kelas IIB Kudus. Menurutnya, selama ini masih minim sosialisasi terkait visi-misi dan nama-nama calon legislatif.

“Kami harapkan dari KPU supaya juga mensosialisasikan nama-nama para caleg. Mungkin juga visi-misi. Karena kami termasuk kaum margijal minim akses informasi,” harapnya.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kudus melakukan sosialisasi di rumah tahanan negeri Kudus, Senin (1/4/2019). KPU Kudus mengajak warga binaan rutan untuk tidak golput.

Komisioner KPU Kudus Miftahurrohmah mengatakan, pihaknya terus giat melakukan sosialisasi kepada para pemilih. Pada kali ini, pihaknya bersama relawan demokrasi melakukan sosialisasi kepada warga binaan di Rutan Kudus.

“Kami sosialisasikan kependidikan pemilu kepada puluhan warga binaan di rutan,” katanya.

Eko Budi Hartanto Kasudib Layanan Tahanan Rutan Kelas 2B Kudus menjelaskan, hingga saat ini di Rutan Kudus ada sebanyak 178 narapidana. Jumlah itu 15 persenya dari luar Kudus, sisanya dari Kudus.

“Harapannya para warga binaan bisa mengikuti pelaksanaan pemilu 2019. Bisa menggunakan hak pilihnya,” jelasnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...