Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Sosialisasi Pemilu di Rutan, KPU Kudus Ajak Ratusan Warga Binaan Tak Golput

MURIANEWS.com, Kudus – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kudus melakukan sosialisasi di Rumah Tahanan II B Kudus, Senin (1/4/2019). KPU Kudus mengajak 178 warga binaan rutan untuk tidak golput.

Komisioner KPU Kudus Miftahurrohmah mengatakan, pihaknya terus giat melakukan sosialisasi kepada para pemilih. Pada kali ini, pihaknya bersama relawan demokrasi melakukan sosialisasi kepada warga binaan di rutan Kudus.

“Kami sosialisasikan kependidikan pemilu kepada puluhan warga binaan di rutan,” katanya.

Ia mengatakan, ada beberapa materi yang disampaikan KPU. Diantaranya, mulai dari tata cara penyoblosan hingga bentuk surat suara. Pasalnya, pemilu 2019 tahun ini berbeda dengan tahun pemilu sebelumnya.

“Misalnya untuk surat suara saja berbeda dengan pemilu tahun sebelum. Pada tahun ini ada lima surat suara dengan warna yang berbeda,” jelasnya.

Lebih rinci, untuk kertas warna hijau untuk DPRD kota/kabupaten, kemudian kertas suara warna biru untuk memilih DPRD provinsi, surat suara warna kuning untuk DPR RI, surat suara warna merah untuk DPD, dan surat suara abu-abu untuk melih capres dan cawapres.

“Tadi juga meraka warga binaan diberikan praktek langsung untuk memilih langsung. Hasilnya mereka sudah paham. Tidak ada yang salah nyoblos,” katanya.

Eko Budi Hartanto Kasudib Layanan Tahanan Rutan Kelas 2B Kudus menjelaskan, hingga saat ini di Rutan Kudus ada sebanyak 178 narapidana. Jumlah itu 15 persenya dari luar Kudus. Sisanya dari Kudus.

“Harapannya para warga binaan bisa mengikuti pelaksanaan pemilu 2019. Bisa menggunakan hak pilihnya,” jelasnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...