MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Sempat Ganti Armada karena AC Bocor, Bus Rosalia Indah Justru Terbakar

0 7.560

MURIANEWS.com, Banyumas – Bus Rosalia Indah jurusan Surabaya-Purwokerto, terbakar Senin (1/4/2019). Beruntung penumpang dan awak sopir semuanya selamat, namun bus bernomor polisi AD 1700 CF tersebut hangus.

Kebakaran terjadi sekitar pukul 05.10 WIB, di tanjakan Krumput, Desa Pageralang, Kecamatan Kemranjen, Banyumas.

Sebelum kejadian, penumpang dialihkan ke bus bernomor lambung 491 itu, saat sampai di Palur, Surbaya. Penyebabnya armada bernomor lambung 317 yang digunakan dari Surabaya mengalami kebocoran AC.

Namun nahas, bus pengganti tersebut justru mengalami kebakaran. Penyebabnya, diduga karena ada kebocoran dari saluran solar. Saat kejadian, bus itu disopiri Heri Cahyadi, warga Endrosono, Kecamatan Semampir, Surabaya dan mengangkut 11 penumpang.

Berdasarkan keterangan sopir kedua, Heri Cahyadi, warga Endrosono, Kecamatan Semampir, Surabaya, kejadian tersebut disebabkan oleh kebocoran solar dari mesin atas atau injeksi yang selanjutnya merembes ke knalpot hingga akhirnya terjadi kebakaran.

Saat itu menurut dia, sopir melihat ada kepulan asap di kabin mesin belakang yang terlihat dari spion. Karena curiga, bus langsung dihentikan dan mesin serta perangkat kelistrikan dimatikan.

Saat mengetahui kabin mesin terbakar, Dedi segera berteriak memanggil Heri Cahyadi dan meminta seluruh penumpang untuk segera keluar dari bus.

Kedua awak bus berupaya memadamkan kebakaran tersebut dengan alat pemadam api ringan (APAR), namun upaya tersebut tidak membuahkan hasil api menjalar dari belakang ke depan bus.

Selang 15 menit kemudian, bus yang semula berhenti, tiba-tiba mundur sejauh lebih kurang 100 meter dengan kondisi terbakar dan solar berceceran di jalan.

Api yang membakar bus tersebut dapat dipadamkan setelah dua mobil pemadam kebakaran dari Kemranjen dan Kembaran, Kabupaten Banyumas, datang ke lokasi kejadian.

Kasatlantas Polres Banyumas AKP Himawan Aji Angga mengatakan, saat ini polisi masih menyelidiki penyebab kebakaran tersebut. Ia juga mengamini jika dugaan penyebab kebakaran adalah kebocoran saluran BBM.

“Berdasarkan pemeriksaan awal, kejadian kebakaran tersebut karena kesalahan teknis, bukan kecelakaan yang melibatkan kendaraan lain. Informasi dari sopir, ada kebocoran dari saluran solar sehingga terbakar,” katanya kepada wartawan.

Kendati demikian, dia mengatakan pihaknya akan meminta keterangan lebih lanjut dari sopir maupun saksi-saksi yang lain guna mengetahui kronologi kejadian.

 

Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.