Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Penghobi Ikan Hias dari Berbagai Kota Besar Semarakkan Grobogan Nasional Betta Contes

MURIANEWS.com, Grobogan – Even Grobogan Nasional Betta Contes yang digelar Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) setempat berlangsung semarak, Minggu (31/3/2019). Hal ini terkait dengan banyaknya peserta yang ambil bagian dalam kontes ikan Betta Splendens atau yang lebih dikenal dengan ikan cupang tersebut.

Selain dari tuan rumah, sebagian peserta ini berasal dari berbagai kota besar. Seperti, Surabaya, Jakarta, Semarang, dan Yogyakarta. Selain itu, ada pula peserta dari Pekalongan, Kudus, dan Pati.

“Peserta kontes ini ternyata banyak sekali. Bahkan, ada yang dari Jakarta dan Surabaya serta kota besar lainnya. Ternyata, penggemar ikan cupang ini masih banyak. Para pemenang kontes, kita sediakan piala dan uang pembinaan,” kata Kepala Disnakkan Grobogan Riyanto saat ditemui di lokasi acara.

Ada sekitar 400 ikan cupang yang diikutkan dalam kontes tadi. Selain itu, ada pula kontes ikan louhan. Namun, jumlah ikan yang disertakan dalam kontes louhan hanya sekitar 25 ekor.

Menurut Riyanto, penyelenggaraan kontes itu dilakukan untuk mengangkat sektor perikanan, khususnya ikan hias yang ada di Grobogan. Melalui kegiatan itu, para penghobi dan pembudidaya ikan hias bisa saling kenal dan berbagai ilmu. Disamping itu, kontes juga digelar dalam rangka menyemarakkan Hari Jadi ke-293 Kabupaten Grobogan.

Melalui kontes itu, diharapkan bisa meningkatkan lagi minat untuk membudidayakan ikan hias di Grobogan sehingga produksinya meningkat. Penyelenggaraan kontes juga dimaksudkan untuk menaikkan jumlah peminat ikan hias, khususnya ikan cupang dan louhan.

“Sampai saat ini, dari hobi ikan hias ini bisa menjadi sebuah mata pencaharian dan mendatangkan pendapatan. Buktinya, sampai sekarang masih banyak orang yang eksis menekuni bidang ini,” ujarnya.

Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...