Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Pemilih Difabel Boleh Didampingi Saat Nyoblos, Ini Syarat Jadi Pendamping

MURIANEWS.com, Pati- Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2019 tinggal beberapa hari lagi. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati tengah mempersiapkan segalanya, termasuk memberikan simulasi kepada pemilih disabilitas yang menggunakan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Ketua KPU Pati Imbang Setiawan mengatakan, pemilih disabilitas yang tidak memungkinkan untuk berada di TPS sendirian, maka diperkenankan untuk ada pendampingan. Menurutnya, pendampingan boleh dari pihak keluarga yang dipercaya atau dari petugas KPPS setempat.

“Kalau misalnya ada pemilih disabilitas yang tidak mempunyai kedua tangan, maka untuk proses membuka maupun melipat surat suara bisa dilakukan oleh pendamping,” katanya saat melakukan simulasi pemilu di Dukuh Jolong, Desa Sitiluhur, Kecamatan Gembong, Minggu (31/3/2019)

Namun demikian, pendamping pemilih penyandang disabilitas harus mampu menjaga kerahasiaan pilihan pemilih. Sehingga, pendamping diwajibkan untuk mengisi Formulir C3 yang merupakan formulir pernyataan pendamping merahasiakan pilihan pemilih di setiap TPS.

“Dalam penyaluran hak pilih salah satunya bersifat rahasia, wajib untuk menjaga kerhasiaan pilihan pemilih,” ujarnya.

Sementara bagi penyandang tuna netra, mereka bakal mendapatkan akses istimewa agar bisa menyalurkan hak pilih. Salah satu yang dipersiapkan ialah template untuk template berhuruf raille. Sehingga penyandang tunanetra bisa membaca.

“Template tersebut akan kami disediakan di setiap TPS. Jadi, mereka tetap bisa menggunakan hak suara,” tandasnya.

 

Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...