Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Bupati dan Wakil Bupati Pati Pun Ikut Latihan Nyoblos di Jolong

MURIANEWS.com, Pati- Dalam simulasi pemungutan suara yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati, Bupati Pati Haryanto dan Wakilnya, Saiful Arifin pun ikut serta. Mereka latihan menggunakan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) Dukuh Jollong, Desa Sitiluhur, Kecamatan Gembong, Minggu (31/3/2019).

Penggunaan hak pilih Bupati dan Wakil Bupati Pati itu adalah sebagai bentuk penggunaan hak pilih bagi pemilih yang di luar TPS asal. Yakni dengan menggunakan Formulir A5.

Dalam simulasi itu, Haryanto hanya mendapatkan empat surat suara, yakni surat suara pilres, DPD, DPR RI dan DPRD provinsi. Sementara untuk surat suara DPRD kabupaten, dirinya tidak mendapatkan lantaran bukan berada di daerah pemilihan (Dapil) asal.

Ketua KPU Pati Imbang Setiawan mengatakan, dalam simulasi memang ada pemilih yang pindah TPS atau dengan menggunakan formilir A5. Ada juga kategori daftar pemilih khusus (DPK). Untuk DPK, dia hanya bisa menggunakan hak pilihnya mulai dari pukul 12.00 Wib hingga Pukul 13.00 WIB.

“Kami memang meminta kepada Bapak Bupati dan Pak Wabup untuk mensimulasikan sebagai pemilih yang pindah TPS,” katanya.

Seperti biasa, Haryanto pertama kali memberikan Formulir A5 yang sudah diperoleh dari KPU, kemudian diberikan kepada petugas TPS. Proses pendataan dilakukan hingga pihaknya dipanggil untuk mengambil surat suara dan kemudian masuk ke bilik suara untuk menggunakan hak pilih.

Baca: KPU Pati Gelar Simulasi Pemungutan Suara

Setelah itu, surat suara dimasukkan ke kotak suara sesuai dengan ketentuan dan warnanya. Proses akhir, dia dipersilahkan untuk menyelupkan jari kelingking ke tinta sebagai tanda bahwa dirinya sudah menggunakan hak pilih.

“Simulasi ini sama persia seperti saat pemungutan suara. Proses penghitungannya juga sama,” imbuh Imbang.

 

Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...