Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Line Terakhir Jembatan Tanggulangin Tiga Mulai Dipasang

MURIANEWSCOM, Kudus – Pembangunan Jembatan Kolonel Sunandar Tiga (Tanggulangin) kini mulai masuki pemasangan main girder pada line lima atau line terakhir pada rangka penopang jembatan.

Sejumlah pembangunan infrastruktur tambahan juga tengah dikebut. Mengingat target oeprasional jembatan yang digadang-gadang jadi jembatan termegah di Jateng tersebut pada H-14 Lebaran.

Tedy Rahman, Humas PT Duta Mas Indah selaku kontraktor pembangun menyatakan, target pemasangan 8 part main girder di line 5 akan rampung dalam satu pekan ke depan.

Sedangkan pembangunan gorong-gorong sepanjang 279 meter sebagai saluran air jembatan serta pelebaran jalan akan membutuhkan waktu dua pekan. “Kami kejar waktu,” ujarnya Minggu (31/3/2019).

Penambahan jumlah pekerja pun dilakukan. Hingga kini, ratusan pekerja dikerahkan di berbagai lini pada pembangunan tersebut. Penambahan jam kerja juga dilaksanakan, dengan harapan pekerjaan sesuai target yang dibebankan.

“Tapi tetap sesuai prosedur keamanan yang berlaku,” jelasnya.

Pelebaran jalan untuk menunjang orpit atau titik awal jembatan pun tengah dilangsungkan. Sebagian median jalan telah dilakukan pengecoran. Pelebaran diperhitungkan akan ditambah 2,75 meter. Dari arah Demak ke Kudus yang saat ini mempunyai lebar 7 meter, akan ditambah menjadi 9,75 meter. Pun sebaliknya.

“Karena menyesuaikan lebar jembatan yang ada di angka 170 meter,” jelasnya.

Sedangkan fasilitas penunjang seperti lampu, pembatas jembatan, serta bagian-bagian lain telah dipersiapkan. Setelah pengecoran, pemasangan akan dilaksanakan secara beratahap. “Sudah dipersiapkan untuk semuanya,” tandas Tedy.

Sesuai Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK) 21 Desember 2017, pekerjaan pembangunan jembatan Kolonel Sunandar C direncanakan berlangsung selama 540 hari hingga Juni 2019.

 

Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...