Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

KPU Pati Gelar Simulasi Pemungutan Suara

MURIANEWS.com, Pati- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati tengah melakukan simulasi pemungutan suara Pemilihan Presiden (pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) di Lapangan Pesangrahan Dukuh Jollong, Desa Sitiluhur, Kecamatan Gembong, Minggu (31/3/2019). Setidaknya ada 300 Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang melakukan simulasi tersebut.

Ketua KPU Pati Imbang Setiawan mengatakan, proses simulasi ini dilakukan secara sempurna, yakni sama persis seperti saat pemungutan suara berlangsung. Hanya, untuk surat sura tidak aslinya atau hanya spesimen.

“Kami memaksimalkan proses simulasi pemungutan suara ini, karena nantinya menjadi acuan masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya,” kata Imbang.

Spesimen surat suara pun dibedakan dari aslinya. Misalnya, kertas suara pilpres hanya ada gambar tidak sesuai aslinya. Selain itu, nomor urut pun dibedakan, yakni 03 dan 04. Sedangkan untuk DPD juga demikian.

“Intinya, spesimen ini tidak sama persis dengan suarat suara yang asli,” tegasnya.

Selain itu, bagi warga yang pindah tempat pemilihan, maka akan disimulasikan pula cara penggunaan formulir A5 sebagai bukti pindah. Hanya, mereka akan masuk kategori Daftar Pemilih Tetap Tambahan (DPTb).

“Hal-hal yang sekiranya sulit dilakukan, kami simulasikan di sini. Hal itu semuanya agar lebih jelas. Termasuk nanti kalau ada pemilih yang bingung, tentu dari pihak penyelenggara akan mengarahkan,” imbuhnya.

Dirinya berharap agar pelaksanaan simulasi ini bisa menjadi pengetahuan bagi masyarakat. Pemilih yang belum mengetahui cara-cara menggunakan hak pilih, akan diajari oleh pihak penyelenggara.

“Silahkan bagi masyarakat apabila ada kesulitan, tanyakan saja kepada pihak penyelenggara agar nantinya lebih jelas,” tutupnya.

Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...